Sego Pecel Iwak Kali Ponorogo

Sego Pecel Iwak Kali Ponorogo

TerasJatim.com, Ponorogo – Di tulisan saya yang lalu, saya telah memberikan gambaran bahwa Ponorogo begitu kaya dengan aneka kuliner yang menggoda selera. Pecel Ponorogo salah satu kuliner yang paling dicari.

Seiring perkembangan jaman dan perubahan selera masyarakat pada pecel, pecel Ponorogo juga mengalami evolusi tanpa meninggalkan ciri khas pecel itu sendiri. Ada bakul pecel yang membuat sambel pecel ekstra pedas atau sambel gobyos dan tempe goreng anget untuk menarik konsumen.

Ada juga pecel yang dilengkapi dengan lauk wader atau iwak kali. Yang istimewa dan beda dari pecel iwak kali adalah cara menyajikannya dengan menggunakan dong jati (daun jati) sebagai pembungkusnya.

Nahh… ini nihh yang bikin beda. Selain memberikan aroma yang sedep, daun jati juga memberikan ciri khas tersendiri. Tak heran jika pecel yang hadir setiap Minggu pagi di halaman kantor Bappeluh ini ramai dikunjungi orang.

Ramuan bumbu pecel yang pas dan aneka lauk seperti tempe, lentho, rimbil, pia-pia serta wader makin membuat mantep makanan pecel ini. Mungkin saudara kita yang di Papua, Batam, Kalimantan, Sumatra, pokoknya yang diluar Jawa bertanya-tanya, opo iku lentho, rimbil dan wader.

Lentho gorengan yang terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau dipadu dengan tepung, parutan singkong dan bumbu-bumbu. Sedang rimbil adalah gorengan yang terbuat ikan teri dan kambil (kelapa). Sedang yang disebut dengan wader, adalah ikan kecil yang diambil dari sungai. Pemilik warung pecel ini sengaja memilih dong jati sebagai bungkus pecelnya bukan tanpa alasan. “Sengaja kami memakai dong jati sebagai ciri khas warung pecel , selain alami juga nambahi sedep rasane. Kalau sambelnya kita punya ramuan khusus dan pakem jadi tetep stabil rasane, ” tutur bu Ani owner pecel.

Bagi anda yang kebetulan jalan-jalan ke Ponorogo hari Minggu pagi bisa mencicipi pecel iwak kali di seputaran Unmuh Ponorogo. Rasakan sensasi makan pecel yang berbeda hingga ngiler sampai ndoweh karena sensasi pedesnya dan nikmat rasanya. (AH/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim