Petani Ramai-Ramai Tanam Padi

Petani Ramai-Ramai Tanam Padi
Tampak kesibukan para petani yang menanam padi di wilayah Maduran Lamongan

TerasJatim.com, Lamongan – Meski hujan baru beberapa kali terjadi di wilayah Kabupaten Lamongan, namun sudah terlihat kesibukan banyaknya petani yang mulai menanam komoditi padi.

Sampai dengan akhir Nopember lalu, data dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan menacatat sudah ada lahan seluas 7.741 ha yang ditanami padi.

Lahan petani yang sudah ditanami padi di awal musim penghujan kali ini, tersebar di 11 kecamatan. Kebanyakan yang sudah mulai menanam padi adalah yang berada di wilayah selatan karena curah hujannya cukup tinggi dan di sekitar aliran sungai Bengawan Solo.

Diantaranya seluas 1.158 ha di Kecamatan Ngimbang, 1.031 ha di Kecamatan Mantup, 881 ha di Kecamatan Pucuk, 614 ha di Kecamatan Sugio, 1.010 ha di Kecamatan Maduran dan 1.459 ha di Kecamatan Laren.

Selain itu, di puncak musim kemarau pada bulan Oktober dan Nopember lalu, masih ada areal padi seluas 6.169 ha yang dipanen. Yang sebagian besar adalah areal persawahan yang dialiri irigasi teknis yang berada di kawasan bonorowo dan di sepanjang sisi sungai Bengawan Solo.

Diantara wilayah yang sudah panen tersebut adalah, seluas 1.375 ha di Kecamatan Karangbinangun, 1.456 di Kecamatan Kalitengah, dan 454 ha di Kecamatan Karanggeneng. Selain itu, juga ada areal sawah padi seluas 520 ha di Kecamatan Laren dan 10 ha di Paciran yang sudah dipanen. (Crus/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim