Peringati HPSN, DLH Lamongan Lakukan Sinergi Multi Sektoral Tangani Masalah Sampah

Peringati HPSN, DLH Lamongan Lakukan Sinergi Multi Sektoral Tangani Masalah Sampah

TerasJatim.com, Lamongan – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lamongan bersama Danone Indonesia, Dompet Dhuafa, serta Reciki Solusi Indonesia, menggelar serangkaian aksi peduli sampah, Jumat (26/02/21).

Dalam momen kali ini, dibagikan sebanyak 2,5 ton kompos untuk warga Lamongan. Kompos ini merupakan hasil dari kegiatan pengolahan sampah di TPST Samtaku, Lamongan.

“TPST Samtaku telah beroperasi sejak awal tahun 2020, saat ini mengurangi pembuangan sampah ke TPA hingga 75 persen atau sekitar 1,1 ton per bulan. Produk kompos hasil pengolahan sampah kami bagikan gratis untuk warga Lamongan,” ujar Bima, Direktur Reciki Solusi Indonesia, pengelola TPST Samtaku.

Di tempat yang sama, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menambahkan, Danone Indonesia melalui gerakan #BijakBerplastik dengan penuh semangat berupaya untuk dapat membantu menangani permasalahan sampah yang telah menjadi perhatian banyak pihak.

“Selain even HPSN ini, kami sudah menjalin kerjasama strategis dengan Pemkab Lamongan. Pembangunan TPST Samtaku menjadi upaya berkelanjutan dalam pengolahan sampah ke depan,” imbuhnya.

Di puncak kegiatan, terdapat 195 video kampanye pengolahan sampah terunggah di sosial media. Video tersebut dibuat oleh kelompok siswa, komunitas bank sampah serta komunitas peduli sampah yang mengkampanyekan upaya pengolahan sampah di lingkungan masing-masing.

“Masyarakat sengaja diajak terlibat aktif sebagai bukti komitmen dan inspirasi dalam kegiatan pengolahan sampah,” imbuh Direktur CSR Dompet Dhuafa, Herdiansah.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Lamongan Anang Taufik menyebutkan, aksi ini merupakan bagian kegiatan Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk mengajak semua elemen masyarakat dalam berupaya menangani sampah yang ada.

“Momentum Hari Peduli Sampah Nasional dengan sinergi multi sektoral ini diharapkan dapat memberikan inspirasi, serta membawa dampak positif berkelanjutan bagi penanganan sampah di Lamongan,” pungkasnya. (Gm/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim