Peringati HKN ke-57, Pemkab Jombang Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi 200 Abang Becak

Peringati HKN ke-57, Pemkab Jombang Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi 200 Abang Becak

TerasJatim.com, Jombang – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menggelar Bakti Sosial (baksos).

Kegiatan yang melibatkan sinergitas organisasi profesi tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Jombang tersebut, dilaksanakan di 3 lokasi berbeda, yakni di lapangan Pemkab Jombang, pada Senin (22/11/2021), di Balai Desa Sumbernongko Ngusikan, dan Balai Desa Panglungan Wonosalam, pada Rabu (24/11/2021) mendatang.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Jombang Sumrambah yang hadir pada pelaksanaan baksos di lapangan Pemkab Jombang, Senin (22/11/2021) pagi, menyaksikan langsung pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 200 abang becak.

Dengan sistem semi drive thru, para abang becak dengan membawa becaknya masing-masing berjejer dengan tertib dan tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), Hipertensi (HT), Diabetes Mellitus (DM) dan katarak.

Selesai menjalani pemeriksaan, mereka pun mendapatkan paket sembako.

Menurut drg. Budi Nugroho, MPPM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, jika dari pemeriksaan kesehatan ini ditemukan sakit positif, maka abang becak langsung diberikan pengantar (rujukan) ke puskesmas sesuai domisili.

Pun demikian jika ada kasus katarak, pasien umum dapat langsung mengunjungi Klinik Mata Mojoagung atau RSI untuk ditindaklanjuti secara gratis. Bagi yang punya kartu BPJS, bida mengunjungi ke PPK 1 (Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama) sesuai kartu.

“Sedangkan untuk baksos yang akan dilaksanakan di Desa Sumbernongko Ngusikan dengan sasaran 200 kaum dhuafa, dan di Balai Desa Panglungan Wonosalam dengan sasaran 200 kaum dhuafa, berupa skrining katarak, pemeriksaan dan pengobatan serta pembagian sembako dengan metode konvensional, dengan sasaran keluarga kurang mampu,” ujar dia.

Di tempat yang sama, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menuturkan, jika pihaknya menyampaikan apresiasi positif kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh seluruh insan kesehatan di Kabupaten Jombang pada HKN ke-57 tahun ini.

Ia pun mengingatkan tentang agar semua pihak untuk tetap waspada terkait perkembangan Covid-19.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada November 2021 menunjukkan, bahwa perkembangan kasus harian positif Covid-19 di Kabupaten Jombang semakin menurun.

“Jombang sudah masuk level 1. Namun demikian, kepada seluruh masyarakat Jombang tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kewaspadaan diri harus ditingkatkan guna mencegah peristiwa kasus Covid-19 yang sempat tinggi beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Bupati menambahkan, Peringatan HKN ke-57 tahun ini mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif, sehingga Indonesia kembali sehat dan tumbuh kembali.

Ia menyebut, berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk pencegahan, deteksi dan responsif, dengan harapan jumlah kasus menurun dan kesembuhan meningkat, serta angka kematian ditekan.

“Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57, semoga kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan agar terciptanya SDM unggul yang bermartabat dan berkualitas untuk bangsa, dan tercapainya visi bersama dalam mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” pungkasnya. (Abu/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim