Pengumuman BBM Turun, Disambut Dingin Oleh Pelaku Usaha Kecil

Pengumuman BBM Turun, Disambut Dingin Oleh Pelaku Usaha Kecil
ilustrasi

TerasJatim.com, Surabaya – Kabar menggembirakan tentang rencana penurunan harga BBM bersubsidi yang diumumkan pemerintah pada akhir tahun ini, disikapi dingin oleh para pelaku usaha di Surabaya.

“Sepertinya nggak ada pengaruhnya. Sebab penurunannya tidak begitu besar mas,” ucap Eko Prasetyo (37), pengemudi sekaligus pemilik angkutan barang, kepada TerasJatim.com di pangkalan dekat UWK Surabaya.

Seperti yang diberitakan oleh media, terhitung tanggal 5 Januari 2016 pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Keputusan penurunan harga BBM ini disampaikan langsung oleh Menteri ESDM Sudirman Said beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pemerintah, nantinya harga premium akan diturunkan sebesar Rp. 150 dari yang semula Rp. 7.300 menjadi Rp. 7.150 perliternya.

Sebenarnya untuk premium seharusnya diturunkan menjadi Rp. 6.950 perliter, namun dengan adanya Undang-Undang Nomor 30 tahun 2007 tentang Ketahanan Energi, maka pemerintah membebankan biaya sebesar Rp. 200 perliter bagi premium sehingga harganya menjadi Rp 7.150.

Sementara untuk bahan bakar solar, pemerintah menurunkan harga dari Rp 6.300 menjadi Rp 5.950 perliternya. Sama seperti halnya jenis premium, pemerintah juga mengenakankan biaya untuk ketahanan energi sebesar Rp 300 perliternya.

Sementara itu, dipilihnya tanggal 5 Januari oleh pemerintah sebagai hari dibelakukannya penurunan harga BBM, di karenakan untuk memberikan kesempatan bagi distributor dan SPBU guna menghabiskan stok harga yang lama.

Namun  keputusan ini disambut datar oleh beberapa kalangan khususnya kelompok usaha mikro. Para pelaku usaha kecil dan menengah, masih ingin melihat respon pasar setelah berlakunya harga BBM baru.

Gak ngaruh mas, barang-barang wes kadung mundak kawit biyen, daya beli masyarakat juga sudah keburu rendah,” ungkap Hartono, pedagang spare parts elektronik di pasar Genteng. (Kta/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim