Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemprov Jatim Uji Coba Rest Area Non-Tol Pertama di Indonesia

Pemprov Jatim Uji Coba Rest Area Non-Tol Pertama di Indonesia

TerasJatim.com, Ponorogo – Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, telah menyelesaikan pembangunan Anjungan Cerdas yang berlokasi di antara KM 16-18, jalan nasional Trenggalek-Ponorogo.

Menurut rilis dari PUPR, anjungan ini terinspirasi konsep Michi No Eki, atau stasiun tepi jalan di Jepang, dimana dibutuhkan rest area bukan hanya di jalan tol, namun juga di jalan non-tol. Mengingat idealnya pengendara harus beristirahat terlebih dahulu setelah berkendara selama 4 jam.

Anjungan cerdas yang nantinya akan memiliki panorama pegunungan dan bendungan yang indah ini, bukan hanya akan menjadi tempat peristirahatan pengguna jalan semata, tetapi juga akan menjadi pusat inkubasi ekonomi wilayah Kawasan Selingkar Wilis di Jatim.

Untuk musim Lebaran kali ini, Pemprov Jatim bekerjasama dengan kepolisian berinovasi dengan melakukan uji coba pemanfaatan lahan out door di Anjungan Cerdas untuk menjadi posko istirahat pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Walaupun bendungan Tugu masih pada tahap pembangunan konstruksi, pemudik yang singgah dapat menikmati indahnya alam pegunungan dan arsitektur bangunan Anjungan Cerdas, serta menambah koleksi spot selfie.

Anjungan Cerdas yang menelan biaya konstruksi sekitar Rp 70 milyar ini, saat ini tersedia tenda untuk pemudik beristirahat sementara.

Rute yang dulunya sering longsor ini kini telah terlindungi tembok penahan longsor yang dibangun di tahun 2018.

“Uji coba pelayanan posko mudik untuk arus balik ini atas arahan ibu Gubernur dan bapak Wakil Gubernur, dan kami berterima kasih kepada semua pihak termasuk kepolisian, Bank Jatim, Pemkab Trenggalek dan terutamanya BPIW Kementerian PUPR atas kerjasamanya”, ujar Kepala Bakorwil Madiun Pemprov Jatim, Gatot Gunarso, selaku koordinator pelaksana uji coba rest area Anjungan Cerdas, Jumat (07/06/19) kemarin. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim