Pemkab Jombang Bagi-Bagi ‘Motor 3 Pilar’

Pemkab Jombang Bagi-Bagi ‘Motor 3 Pilar’
Deretan 918 unit motor diberikan kepada Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk mendukung pelaksanaan program tiga pilar Kamtibmas

TerasJatim.com, Jombang – Kepala Desa, anggota Babinsa dan Babinkamtibmas yang bertugas di 306 Desa di wilayah Kabupaten Jombang Jawa Timur,  menerima fasilitas dari Pemkab Jombang, masing-masing berupa 1 unit motor.

Motor yang dibagikan tersebut seluruhnya berjumlah 918 unit. “Anggarannya dari APBD Jombang tahun 2015. Nilainya Rp. 11 milyar lebih,” kata Bupati Jombang Jawa Timur, Nyono Suharli Wihandoko kepada TerasJatim.com, usai penyerahan 918 unit motor di alun-alun Jombang.

Nyono Suharli Wihandoko mengatakan, pemberian fasilitas 918 unit motor kepada Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas, dilakukan dengan sistem pinjam pakai. Dengan fasilitas tersebut, Bupati Jombang berharap kepada yang menerima fasilitas bisa bekerja lebih efektif.

Motor yang dikenal dengan sebutan “motor tiga pilar” tersebut, kata Bupati Jombang, diberikan bukan untuk gagah-gagahan. Tetapi untuk meningkatkan pelayanan publik di tingkat Desa.

“Dengan fasilitas ini, kami berharap pelayanan publik di desa bisa lebih cepat dan efisien.” Ujat Bupati.

Fasilitas motor, lanjut Bupati Jombang, juga sebagai tindak lanjut dari amanat Presiden RI tentang darurat Narkoba. “Nah, motor ini salah satu tujuannya untuk menekan peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Jombang hingga ke desa-desa,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Jombang, AKBP Sudjarwoko mengatakan, perkembangan kasus narkoba di wilayah Jombang cukup memprihatinkan. “Hampir setiap minggu, tim dari satuan Narkoba menangkap pelaku pengguna atau pengedar,” katanya.

Kapolres  berharap, fasilitas motor bagi anggota Babinkamtibmas, bisa mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan peredaran Narkoba di Kabupaten Jombang.

Danrem 082 Mojokerto, Kolonel Inf Irham Waroihan, saat ditemui TerasJatim.com usai penyerahan motor untuk personel tiga pilar kambtibmas mengatakan, motor yang difasilitasi oleh Pemkab Jombang bisa dipertanggung jawabkan oleh aggotanya dengan lebih efektif dan efisien dalam bekerja.

“Dukungan kendaraan ini tentunya ada nilai-nilai tanggung jawab yang lebih besar. Kami berharap adanya peningkatan kinerja yang mendukung program tiga pilar dan juga untuk TNI Angkatan Darat sendiri,” ujar Kolonel Inf Irham Waroihan. (MSi/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim