Pembangunan Yang Seimbang, Konsep Mbois Ciptakan Tatanan Kehidupan Penuh Berkah

Pembangunan Yang Seimbang, Konsep Mbois Ciptakan Tatanan Kehidupan Penuh Berkah

TerasJatim.com, Pacitan – Sejalan dengan pemerintah pusat, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan nomor urut 2, Yudi Sumbogo-Isyah Anshori (Mbois), mempunyai konsep untuk mewujudkan pembangunan yang seimbang, antara pembangunan fisik (material) dan mental.

Menurut anggota Fraksi PKB DPRD Pacitan, Wahyu Pujiono, kemajuan pembangunan fisik berupa infrastuktur, hingga saat ini memang masih menjadi tolak ukur keberhasilansuatu daerah. Namun, ada hal yang lebih penting yakni pembangunan yang ideal, seimbang antara pembangunan fisik dan mental spiritual.

“Memang seharusnya, pembangunan fisik berupa infrastruktur itu tentu harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Supaya arah pembangunan jelas dan berdaya guna,” ujar Wahyu kepada awak media, Minggu (27/09/20).

Menurutnya, jika pembangunan fisik berupa infrastuktur tidak seimbang dengan pembangunan mental spiritual, hal itu akan menyebabkan distorsi atau penyimpangan dalam pelaksanaan pembangunan fisik tersebut.

“Jadi, pembangunan yang seimbang antara fisik (material) dan mental spiritual tersebut, akan menciptakan suatu tatanan kehidupan yang berkah, terarah dan tentunya akan lebih bernilai bagi masyarakat secara luas,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Wahyu, pembangunan infrastruktur juga jangan hanya dilihat dari segi fisik. Sebab, pembangunan yang ideal tidak hanya fokus pada aspek tersebut, tetapi juga harus diimbangi dengan pembangunan karakter dan penguatan nilai-nilai budaya lokal.

“Kontribusi dari pembangunan infrastruktur itu, juga akan mengubah cara pandang dan juga perilaku seseorang dalam kesehariannya. Sedangkan, pembangunan karakter akan mampu memacu kreativitas, inovasi, serta kedisiplinan masyarakat. Jadi, pembangunan yang ideal, seimbang ini sudah sejak awal menjadi konsep Mbois jika diberi amanah memimpin Pacitan” pungkasnya. (Git/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim