Panwaslih Ajak Pemilih Pemula Kawal Pilkada

Panwaslih Ajak Pemilih Pemula Kawal Pilkada
ilustrasi

TerasJatim.com, Banyuwangi – Panitia Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Panwaslih) Kabupaten Banyuwangi, mengajak para  pemilih pemula yang terdiri dari unsur pelajar dan mahasiswa, untuk ikut berperan aktif mengawal dan mengawasi pelaksanaan pilkada di Banyuwangi.

Karena pelajar dan mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki peran strategis, dalam  menetukan calon pemimpin kedepan, terutama pada pilkada serentak yang digelar pada tanggal 9 Desember 2015.

Atim Hariyadi, ketua Panwaslih Kabupaten Banyuwangi kepada TerasJatim.com Minggu (06/12) mengatakan, partisipasi politik pemilih pemula memiliki kontribusi besar bagi hasil pemilihan kepala daerah, begitu juga jika pemilih pemula pasif dalam pilkada, maka akan mempengaruhi kualitas pemilu.

Karena mahasiswa dan pelajar yang sudah memiliki hak politik dapat menjadi salah satu barometer dan tolok ukur dalam keberlangsungan demokrasi di Banyuwangi.

“Selain menyumbangkan hak suaranya, pemilih pemula juga bisa ikut mencegah terjadinya pelanggaran dalam pilkada, terlebih dimasa tenang dan jelang digelarnya pilkada,  dimana rawan terjadi money politik dan serangan fajar yang dilakukan salah satu tim calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi,” jelasnya.

Atim berharap para pemilih pemula berani melaporkan kepada pengawas pemilu, jika dia menemukan adanya kecurangan dalam pilkada, sehingga tercipta pilkada yang bersih dan berintegritas.

Guna meningkatkan peran aktif para pemilih pemula, komisioner Panwaslih Banyuwangi melakukan sosialisasi di 24 kecamatan yang ada di Banyuwangi secara berturut-turut sosialisasi yang terkahir, digelar di kecamatan Giri dan kecamatan Licin. (Irh/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim