Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Misi Persaudaraan, Pemprov Jatim Kirim Bantuan Logistik ke Papua

Misi Persaudaraan, Pemprov Jatim Kirim Bantuan Logistik ke Papua

TerasJatim.com, Surabaya – Pemprov Jatim bersama Armada II dan elemen masyarakat mengirimkan bantuan logistik melalui Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso-990 di Dermaga Koarmada II, untuk dikirim ke Papua.

Bantuan berupa beras, makanan lauk pauk, susu kedelai tambahan gizi, air mineral botol 500 ml, mie instan, popok bayi, dan pakaian anak, perlengkapan mandi, handuk, alas kaki, dan tas packing tersebut, dilepas langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (31/08/19) kemarin.

Kepada awak media, Khofifah mengatakan, bantuan logistik ini dipersiapkan dengan sangat mendadak. Sebab, sebelumnya, ia mendengar kabar jika Armada II akan mengirimkan Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso-990 ke Papua. Karena ada beberapa ruang di kapal yang tersisa, pihaknya pun menitipkan bantuan logistik tersebut.

Usai memastikan ada ruang kosong di kapal yang bisa dimanfaatkan untuk diisi bantuan logistik, gubernur juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak, baik ormas, universitas, dan mahasiswa Papua yang sedang berkuliah di Jatim, untuk bergotong royong mengirimkan bantuan ke Papua.

“Jadi sebetulnya ini gotong royong yang sangat spontan, ada dari NU, LDII, ITS, dan Univ. Dr. Soetomo. Jika nanti memang dibutuhkan support yang lebih dari sekarang tentu kami siap,” katanya.

Kepada seluruh rakyat Jatim yang sedang berada di Papua, Gubernur Khofifah berpesan agar seluruhnya tetap menjaga ketenangan, dan rutin berkomunikasi dengan saudara-saudara yang berada di Jatim. Dirinya menegaskan, persaudaraan antara rakyat Jatim dan Papua telah berjalan cukup lama, dan saling menjaga satu sama lain.

“Seperti yang Bapak Gubernur Papua, Lukas Enembe sampaikan, bahwa masyarakat pendatang di Jayapura yang banyak adalah dari Jawa Timur. Sebab, logistik Papua, terutama Jayapura, sebagian besar disupport dari Jawa Timur. Jadi, mari kita saling menjaga,” pesannya.

Secara khusus, Khofifah mengpresiasi langkah TNI AL yang mengirimkan kapal rumah sakit lengkap dengan tenaga kesehatan, seperti dokter umum, dokter spesialis. Kapal tersebut juga dilengkapi dengan ruang layanan IGD hingga ruang operasi berikut peralatan dan obat-obatan.

“Ini adalah misi kemanusiaan, misi bangun persatuan, dan bangun persaudaraan. Kami berterima kasih kepada jajaran Armada II yang mengajak kami. Misi ini juga merupakan dukungan terhadap rumah sakit di daerah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan KRI dr. Soeharso-990, Letkol Laut (P) Joko Setiyono menyampaikan, tujuan pemberangkatan bantuan ini adalah untuk memberikan support terhadap pelayanan kesehatan di Papua. “Kita siap untuk satu bulan membantu peran kesehatan fungsi wilayah, kerusuhan kemarin memberikan berbagai dampak. Maka, kita support dengan fungsi kesehatan wilayah,” ujarnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim