Membangun Pacitan Tak Cukup Hanya Andalkan SDA dan SDM, Mbois Solusi Nyata

Membangun Pacitan Tak Cukup Hanya Andalkan SDA dan SDM, Mbois Solusi Nyata

TerasJatim.com, Pacitan – Dalam membangun Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ke depan, tentu tidak cukup hanya mengandalkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya alam (SDM). Sebab, dalam pembangunan tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit.

Bahkan, jika dilihat dari APBD Pacitan yang hanya sekitar Rp1,7 triliun dan PAD hanya sekitar Rp1,3 miliar, maka tidak akan tuntas pembangunan di Pacitan, baik infrastruktur maupun lainnya.

“Padahal, pembangunan di Pacitan ini tidak cukup hanya dengan mengandalkan SDA dan SDM saja, tetapi juga butuh dana besar yang sumbernya selain dari para investor adalah dana dari pusat dan provinsi,” kata Masruri Abdul Ghoni, salah satu relawan Mbois, Jumat (30/10/20).

Untuk itu, lanjutnya, Pacitan sangat perlu seorang pemimpin yang segaris dengan Pemerintah Pusat, seperti Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan nomor urut 2, Yudi Sumbogo-Isyah Anshori (Mbois) yang segaris dengan progam-progam pusat.

“Jika Pak Mbogo nanti jadi bupati Pacitan, tentu pemerintahan nanti bisa segaris dengan pusat dan akan mempermudah untuk mengakses dana dari pemerintah pusat, dalam hal ini dibawa oleh para menteri-menteri yang berasal dari partai penguasa,” ungkapnya.

Masruri sedikit menceritakan, ketika SBY jadi Presiden RI, punya banyak menteri dan pada saat itu ia menjadi Ketua Harian KONI Kabupaten Pacitan yang kemudian menggelar PORKAB dengan menghadirkan Menpora, Andi Malarangeng. Pada kesempatan itu tidak sedikit bantuan dana yang turun untuk sarana prasarana olahraga di Pacitan.

“Pada saat itu ada bantuan dana untuk GOR Rp10 miliar, kemudian bantuan dana untuk penyelesaian pembangunan Stadion sebesar Rp14,5 miliar yang pembangunannya sempat mangkrak. Dulu pembangunannya sudah dimulai sejak bupatinya Pak Sutrisno,” terang Masruri.

Disamping itu, lanjutnya, juga ada bantuan berupa Gedung AKN dari Mendikbud, Wisma Atlet dari Menteri PUPR dan sejumlah sarpras lainnya. “Namun, ketika Pak SBY sudah tidak jadi presiden dan Partai Demokrat tidak satupun punya seorang menteri, maka akses dana dari pusat juga tidak semudah seperti ketika pemerintahan segaris,” katanya.

Namun demikian, pihaknya berharap jika Yudi Sumbogo yang diberangkatkan oleh PDIP menjadi Bupati Pacitan, ke depan ketika mengakses dana dari pusat tidak menutup kemungkinan akan lebih mudah, baik melalui jaringan kementerian atau para menteri-menteri yang notabene juga kader PDIP.

“Itulah yang kita harapkan, dengan adanya pemerintahan yang segaris dengan pusat agar pembangunan di Pacitan cepat lebih maju,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim