Memayu Hayuning Bawana, Sesepuh SH Terate Bojonegoro Hibahkan Seribuan Bibit Langka

Memayu Hayuning Bawana, Sesepuh SH Terate Bojonegoro Hibahkan Seribuan Bibit Langka

TerasJatim.com, Bojonegoro – Sesepuh organisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Bojonegoro-Pusat Madiun, Ir. Sriyanto, menghibahkan seribuan bibit pohon langka, yaitu asam manis atau tamarin sweet hasil budi dayanya kepada khalayak umum. Satu tekadnya, yakni berbagi sesuatu yang bermanfaat untuk kelestarian alam.

Mas Sri, panggilan akrab pendekar senior PSHT pengesahan Tahun 1972 ini menyebut, bahwa salah satu didikan di SH Terate adalah Memayu Hayuning Bawana, yang kurang lebih artinya yaitu melestarikan lingkungan hidup. Maka dengan menghibahkan bibit asam manis ini diharapkan bisa bermanfaat untuk kehidupan.

“Ya, sebisa saya menunaikan didikan SH Terate tentang memayu hayuning bawana dengan berbagi bibit pohon ini. Semoga bermanfaat untuk kelestarian alam dan kehidupan,” ujar lelaki bersahaja ini, Senin (15/11/2021), di lokasi lahan pembibitan pribadi miliknya.

Dia menambahkan, dengan menanam pohon tentu akan menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup, terutama manusia. Apalagi, lanjut dia, pohon asam manis itu bernilai ekonomi tinggi sehingga besar kemungkinan mampu menjadi tambahan pendapatan masyarakat bila kelak berbuah.

“Asam manis ini kan harganya lumayan tinggi. Secara filosofi Jawa, asem manis itu mesem (senyum) manis, karena sehat dan bisa jadi sumber ekonomi juga,” terang pria asal Ngawi perintis berdirinya PSHT Cabang Bojonegoro ini sembari berfilsafat.

Sesepuh persilatan yang berdomisili di Desa Sraturejo Baureno ini berpesan kepada generasi muda, agar tidak segan-segan beramal kebaikan sesuai kemampuan. Ia menerapkan prinsip tidak harus menunggu kaya untuk berderma.

“Tersenyum itu ibadah, apalagi kita bisa membuat orang lain tersenyum bahagia. Enggak usah kita berpikir siapa yang akan menikmati asam manis ini nanti. Siapa saja boleh dan berhak mendapat manfaat dari pohon ini karena hidup memang harus bermanfaat untuk sesama tanpa pandang bulu,” tuturnya didampingi Wakil Ketua Ranting PSHT Baureno, Moch Nurul Saiq.

Mas Sri, pendekar Tingkat II dan anggota Dewan Cabang SH Terate Bojonegoro ini menghibahkan bibit yang dibudidayakannya ini secara cuma-cuma alias gratis kepada siapa saja dengan catatan mau mengambil dan mengangkut sendiri.

“Nggih monggo, siapapun boleh mengambil asal mau datang ke sini. Asal stoknya masih ada monggo, kula sanget temen nek wonten ingkang kersa,” tutup pensiunan guru tersebut.

Sekadar diketahui, Pemdes Baureno didampingi pengurus Ranting SH Terate Baureno akan melaksanakan kegiatan penanaman penghijauan untuk tepi jalan penghubung antar dusun dengan memanfaatkan bibit asam manis hibah dari Sriyanto tersebut.

Pantauan TerasJatim.com, stok bibit di lahan pembibitan juga tampak masih ada ratusan batang asam manis yang siap untuk ditanam. (Iq/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim