Mei 2016, Sensus Ekonomi Serentak Dilaksanakan

Mei 2016, Sensus Ekonomi Serentak Dilaksanakan

Terasjatim.com, Bojonegoro – Sensus ekonomi kembali akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai  1-31 mei  2016 oleh BPS (Badan Pusat Statistik).

Menurut Kepala BPS (BadanPusat Statistik) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Jamil, saat menerima TerasJatim.com di kantornya, bahwa perlu adanya sosialisasi jauh-jauh hari sebeluim pelaksanaan sensus ekonomi, agar masyarakat mengerti, memahami dan memberikan informasi yang benar kepada petugas  sensus ekonomi.

Maksud dan tujuan diadakannya sensus ekonomi ini adalah merupakan amanah Undang-Undang no 16 tahun 97, bahwa setiap 10 tahun sekali dan tahunya diakhiri angka 6, BPS melaksanakan kegiatan Sensus Ekonomi serentak di seluruih Indonesia pada tahun ini, dan ini sudah yang ke 4 kalinya BPS melakukan sensus ekonomi.

“Harapannya, dengan adanya SE (Sensus Ekonomi) ini, partisipasi seluruh masyarakat untuk membantu memberikan jawaban kepada petugas yang benar, karena SE tidak ada kaitannya dengan pajak dan tidak ada pungutan apapun,” ujar Jamil

Petugas pencacah dan petugas lapangan yang akan diterjunkan dalam SE 2016 ini,  sebanyak 976 orang di 28 kecamatan se wilayah Kabupaten Bojonegoro. Petugas sensus nantinya juga akan dilengkapi atribut seperti  surat tugas, rompi dan topi.

Jamil menambahkan, sasaran SE yaitu semua penduduk Indonesia yang mempunyai kegiatan ekonomi dari yang paling kecil sampai kelas kakap akan didata oleh petugas sensus.

Hasil dari pengumpulan data SE nantinya akan digunakan untuk melaksanakan pembangunan ekonomi 5 rahun ke depan, untuk mengetahui level ekonomi berapa variasinya, untuk memprediksi, mengevaluasi sektor ekonomi yang perlu ada peningkatan dari sisi modal, aset dan omset. (Exo/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim