Mboisnya, Ketika Generasi Milenial Sadar Politik

Mboisnya, Ketika Generasi Milenial Sadar Politik
Gus Luqman (kiri), M. Ihsanudin (kanan)

TerasJatim.com, Pacitan – Generasi milenial sangat diharapkan peduli dan mulai membuka diri untuk hal-hal yang berkaitan dengan politik. Hal ini untuk bekal atau modal dalam menyikapi berbagai persoalan maupun perkembangan politik di negara ini, tak terkecuali di Kabupaten Pacitan Jatim.

“Sadar politik ini, tidak harus menunggu menjadi seorang bapak-bapak. Karena, politik itu tidak selalu terkait dengan politisi, birokrasi maupun lainnya. Namun, ketika generasi milenial sadar politik, ini luar biasa,” kata Muhamad Ihsanudin, MWC NU Kecamatan Arjosari, Jumat (23/10/20).

Menjelang pelaksanaan Pilbup Pacitan, ia menilai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan nomor urut 02, Yudi Sumbogo-Isyah Anshori (Mbois) sangat mengharapkan anak muda milenial sadar politik.

“Pak Mbogo dan Pak Isyah ini ingin sekali anak muda itu sadar politik dan membuka mata lebar-lebar untuk melihat serta menentukan calon pemimpin. Yang jelas, diharapkan mampu membaca situasi bahkan hingga skenario dalam setiap kebijakan politik,” ungkap Alumni Pondok Tremas 1994.

Di era modern ini, lanjutnya, media sosial yang tanpa tedeng aling-aling atau sekat ini, emosi anak muda rentan tidak terkontrol dan mudah digiring kepada sesuatu hal yang tidak menutup kemungkinan akan merugikan orang lain maupun diri sendiri.

“Kalau bicara fakta, generasi milenial ini lebih vokal untuk mengekspresikan diri di media sosial. Misalnya mengumbar isu yang bisa merugikan banyak orang dan sebagainya,” ungkap bapak 3 anak.

Untuk itu, sambungnya, khazanah pendidikan politik sangat penting untuk memahami beragam pemikiran dan sudut pandang yang ada di masyarakat. Sehingga, wawasan, analisa, hingga pengendalian emosi para generasi muda ini akan semakin terasah.

“Tujuannya untuk menuntun cara berpikir kita secara rasional, baik dalam menentukan keberpihakan, lebih bijak maupun matang. Karena, kebijakan politik ini sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan dan ditanganmulah wahai generasi muda masa depan bangsa ini,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim