LSM Datangi Bappeda Banyuwangi

LSM Datangi Bappeda Banyuwangi

TerasJatim.com, Banyuwangi – Lembaga Swadaya Masyarakat Forum 11 maret (LSM Format)  Banyuwanngi mendatangi kantor Bappeda Banyuwangi, Senin ( 21/12).

Kedatangan LSM Format ini, bertujuan untuk menanyakan tentang advice plan tata ruang, karena keberadaan pabrik yang bergerak di bidang pencampuran aspal dan cor beton yang berdiri dan memakan sepadan sungai.

Kedatangan mereka diterima langsung oleh Kabag Fisik dan Prasarana Bappeda Banyuwangi, yang selanjutnya dilakukan audiensi  di aula Kantor Bappeda Banyuwangi.

Ketua LSM Format, Suroso, dalam audiensi mengatakan, sebelumnya pihaknya telah mengirim surat untuk melakukan audiensi. Audiensi ini bertujuan untuk mendapat data dan informasi tentang advice plan tata ruang, terkait keberadaan PT Bintang Surya Tunas Mandiri, pabrik yang bergerak di bidang kontraktor umum dan supplayer di Desa Gambor Kecamatan Singonjuruh Banyuwangi, yang dalam pembangunannya diduga memakan tanah pengairan melebihi batas sepadan sungai.

“Kita mendukung pemerintah dalam  pembangunan kawasan industri, apabila memenuhi koridor maka kami mendukung,” katanya.

Ketua  Bappeda Banyuwangi melalui kabag Fisik dan Prasarana, Edi Purnomo, mengatakan, berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi No 8 tahun 2012, tentang Rencana Tata Ruang Wiilayah Kabupaten Banyuwangi tahun 2012-2023, dijelaskan  pada pasal 12 ayat 1 huruf b bahwa, lokasi usaha berada di wilayah pengembangan (WP) Banyuwangi tengah timur.

Dengan fungsi utama sebagai kawasan pertanian, perkebunan,  perikanan  peternakan, industri, bandar udara, pertambangan, wisata dan lindung.

Bedasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTRK) Singonjuruh, lokasi usaha berada di luar kawasan perkotaan dengan penggunaan lahan sekitar berupa lahan pertanian dan industri.

Jadi PT Bintang Surya Tunas Mandiri yang membangun pabrik di Desa Gambor Kecamatan Singonjuruh, dianggap tidak menyalahi aturan.

“Dalam pembangunan pabrik melebihi sepadan sungai itu wewenang dari Dinas Pengairan. Bappeda hanya menyediakan advice plan apabila ada perusahaan mengajukan ijin membuka pabrik di Banyuwangi,” Pungkasnya. (Yak/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim