Lamongan, Tradisi Rebutan Gunung Buah

Lamongan, Tradisi Rebutan Gunung Buah
Tradisi Rebutan Gunung Buah

TerasJatim.com, Lamongan РRatusan warga di sebuah desa di daerah Kabupaten lamongan saling berebut gunung buah-buahan dalam tradisi sedekah bumi. Sejumlah orang termasuk  anak dan warga saling berdesak-desakan dan banyak yang sempat terjepit dalam rebutan buah-buahan tersebut.

Tradisi Sedekah bumi, dengan tumpeng buah-buahan tersebut berada di Dusun Tuyuh Desa Pangkatrejo Kecamatan Lamongan. Mereka menggelar acara tradisional tersebut di pelataran balai desa setempat.

Dengan membawa gunungan buah-buahan, ratusan warga pun saling berebut buah-buahan yang dijadikan sebagai alat ritual tradisi gunungan. Tidak sedikit anak-anak dan ibu-ibu yang saling berdesak-desakan dan terjepit saat berebut buah-buahan yang telah disediakan oleh panitia.

Menurut Sumiati, salah seorang warga, tradisi seperti ini setiap tahun dilakukan oleh warga untuk melakukan syukur kepada sang pencipta, dan dengan adanya tradisi rebutan buah-buahan tersebut, warga mengaku senang dan terhibur, meski dirinya sempat ikut terjepit. Ia berhasil membawa buah anggur, melon dan apel.

Selain itu, acara sedekah bumi ini juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas panen yang melimpah di desanya tahun ini.

Setelah acara rebutan tumpeng buah, pihak panitia juga akan menggelar acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk. (Crus/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim