Kodim Kediri Lakukan Panen Raya

Kodim Kediri Lakukan Panen Raya

TerasJatim.com, Kediri – Kodim 0809/Kediri melakukan panen raya di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Sabtu (15/07). Panen raya ini berada di atas lahan percontohan Kodim Kediri yang berstatus miliki Pemerintah Daerah, Sabtu (15/07/2017).

Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K menuturkan, panen raya ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah selaku penyedia lahan dan pihak swasta sebagai penyedia benih padi, serta Poktan Sugih Waras Desa Tulungrejo selaku penyedia tenaga pertanian.

“Sudah seharusnya kita tingkatkan produksi pangan nasional, karena negara kita adalah negara agraris. Pertumbuhan penduduk tentu menjadi permasalahan bila kondisi pangan tidak tercukupi, solusi paling simpel ialah impor pangan, tetapi kita tidak ingin menggantungkan nasib pangan kita kepada negara lain, kita harus mandiri dan tegak berdiri, ujarnya, di lokasi panen raya, Sabtu (15/07)

Kegiatan panen raya ini, tampak hadir Wakapolres Kediri, Kompol Ariek Indra Sentanu, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H.M.Sulkani, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Imam Widodo Santoso ,Kepala Bulog Sub Drive V Kediri, Rahmat Sjahroni Putra dan Didit Lamiatin Alam, pihak swasta penyedia benih padi.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Imam Widodo Santoso menuturkan, kondisi sektor pertanian di Kediri saat ini, sebagian daerah terserang hama wereng, burung pipit, serta sebagian lainnya juga terserang hama tikus.

“Tantangan terberat sektor pertanian di Kediri ialah permasalahan semakin menyempitnya lahan pertanian karena alih fungsi, tetapi jumlah penduduk Kediri semakin bertambah. Satu-satunya solusi ialah meningkatkan produktifitas padi diatas lahan yang makin lama makin menyempit,” ungkap Imam.

Diketahui, penanaman padi di atas lahan percontohan Kodim Kediri dimulai bulan April lalu atau tepatnya sekitar 95 hari. Dengan luas 9.940 meter persegi, dan hasilnya 113,6 kwintal atau 11,4 ton. Hasil ini lebih besar dari target semula, yaitu 110 kwintal atau 11 ton.

“Benih padi yang berkualitas ialah benih yang mampu menghasilkan produksi padi yang berlimpah dan bermutu. Semakin besar produksi padi, maka secara otomatis semakin besar pendapatan petani dan hal itu sangat membantu perekonomian petani, sekaligus membantu pasokan pangan secara regional maupun nasional,” ucap Didit Lamiatin Alam, selaku pihak penyedia benih padi. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim