Kerajinan Lilin Khas Natal Laris Manis

Kerajinan Lilin Khas Natal Laris Manis

TerasJatim.com, Blitar – Beginilah aktivitas ibu-ibu di Perumahan Pakunden Blok D 1 Nomor 7 Kota Blitar. Untuk mengisi waktu luangnya, beberapa ibu-ibu rumah-tangga tersebut, membuat beraneka bentuk pernak-pernik natal yang dipesan oleh pihak gereja serta umat Kristiani yang akan merayakan Natal.

Menjelang Natal kali ini, aneka macam souvenir khas perayaan Natal, seperti pohon cemara, lonceng dan juga sepatu santa-claus, ramai diburu dan dipesan oleh para pelanggan.

Meski tergolong mudah, namun untuk membuat kerajinan lilin khas Natal ini, memerlukan ketelatenan dan kreatifitas tersendiri.

Awalnya lilin yang berbentuk balok dicampur dengan parafin dengan perbandingan 1 banding 1, dan dipanaskan di dalam sebuah wadah panci. Setelah kedua bahan tersebut mencair, baru dituangkan kedalam cetakan.

kerajinan lilin natal 2

“Dalam sehari, kita mampu membuat seratus buah beraneka bentuk, dengan harga mulai dari 1.000 hingga 5.000 rupiah perbatangnya,” ujar Dewi Ningrum, perajin lilin khas Natal, saat kedatangan TerasJatim.com di tempatnya.

Selain membuat aneka pernak-pernik Natal, para ibu-ibu rumah-tangga tersebut juga membuat aneka bentuk kerajinan dari lilin lainnya. Seperti es lilin gelas, es lilin mangkuk, bunga mawar serta ikan koi. Harganya juga bervariasi, mulai 25.000 hingga 40.000 rupiah. “Lumayan mas, selain buat keakraban dan kesibukan ibu-ibu di sini, juga dapat menjadi tambahan untuk keperluan sehari-hari.” Pungkas Dewi Ningrum sambil tersenyum. (Aji/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim