Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kerajinan Cantik Dari Bahan Limbah Jagung

Kerajinan Cantik Dari Bahan Limbah Jagung

TerasJatim.com, Lamongan – Membuat karya dengan nilai tinggi ternyata tak selalu membutuhkan bahan yang harus mahal dan mewah.

Hal ini dibuktikan oleh sejumlah ibu-ibu di Lamongan yang mampu membuat aneka macam kerajinan dan souvenir cantik dengan memanfaatkan limbah jagung.

Kini hasil kerajinan dengan bahan limbah ini semakin diminati berbagai kalangan. Selain harga yang relatif murah, karya ini juga mempunyai seni estetika yang menarik.

Kerajinan yang dihasilkan dari limbah ini diolah menjadi beberapa produk kerajinan seperti tempat pensil cantik, vas bunga, tas cantik dan berbagai barang lain.

Alik Muntadimah, seorang wanita pengrajin dari Desa Banyubang Kecamatan Solokuro Kabupaten lamongan ini menuturkan, jika kegiatan ini menghasilkan karya, juga dapat membantu ibu-ibu rumah tangga yang tidak mempunyai aktifitas di luar rumah.

“Paling tidak bisa membantu mengangkat ekonomi keluarga. Setiap produk ini dipatok harga murah antara Rp. 7 ribu hingga Rp. 30 ribu, tergantung dari kerumitan produk yang dihasilkan,” ujar wanita berjilbab ini.

Pembuatan produk kerajinan dari bahan limbah jagung ini sebenarnya tidak begitu rumit. Untuk membuat tempat pensil cantik, pada tahap awal karton dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan, kemudian limbah jagung ditempelkan dikertas karton yang sudah berbentuk lingkaran dengan menggunakan lem.

Setalah itu baru dikasih warna cat atau pewarna yang diinginkan agar kerajinan tampak kelihatan lebih cantik.

Ide kreatif pembuatan kerajinan dari bahan olahan jagung ini muncul berawal dari banyaknya limbah jagung yag ada di Desa Banyubang yang masyarakatnya mayoritas bercocok tanam jagung.

“Mudah-mudahan ada pembinaan dari pemerintah daerah atau pihak-pihak terkait untuk bisa membantu agar produk rumahan ini bisa di kenal oleh masyarakat yang lebih luas,” harap Alik menambahkan. (Faiz/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim