Kementerian Keuangan Sosialisasi Profesi Akuntansi di UMK

Kementerian Keuangan Sosialisasi Profesi Akuntansi di UMK

TerasJatim, Kudus – Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) melakukan sosialisasi mengenai perkembangan terkini profesi di bidang Akuntansi dan Ujian Sertifikasi Akuntan (CA) dan Akuntan Publik (CPA) di Universitas Muria Kudus (UMK), kemarin (6/11).

Sosialisasi yang digelar di ruang seminar lantai IV Gedung Rektorat UMK ini diikuti sekitar 80 mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi. Hadir sebagai  narasumber, Agus Suparto SE. AK. MBA. CA. (Kepala Bidang Pembinaan Profesi Keuangan Kemenkeu RI) dan Triyanto SSC. AK. MM. MH. CA. CPA. (Kepala Subbid Pengembangan Profesi Akuntansi Kemenkeu).

Agus Suparto memaparkan, ada beragam profesi keuangan yang ada di Indonesia, yakni meliputi Teknisi Akuntan, Akuntan, Akuntan Publik, Penilai, Penilai Publik, Ajun Aktuaris, Aktuaris, Konsultan Pajak, Ahli Kepabeanan, Pejabat Lelang, Manajer Investasi, dan Konsultan Keuangan.

‘’Namun profesi keuangan yang dibina Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kemenkeu RI ada lima, yaitu Teknisi Akuntansi, Akuntan, Akuntan Publik, Penilai Publik, dan Aktuaris,’’ terangnya. Didampingi Triyanto, Agus Suparto pun memaparkan secara lengkap mengenai seluk beluk berbagai profesi yang berada di bawah binaan PPPK Kemenkeu RI. Termasuk telah ditandatanganinya Mutual Recognition Arrangemenet (MRA) menyongsong ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

‘’MRA adalah kesepakatan seluruh negara ASEAN mengenai pengakuan kesetaraan profesi Akuntan di ASEAN. ASEAN MRA on Accountancy Services telah ditandatangani pada 25 Agustus 2014,’’ ujarnya. Untuk itu, Agus Suparto pun mengingatkan pentingnya sertifikasi bagi Akuntan.

‘’Setiap tahun, `lulusan S1 (Sarjana) Akuntansi tak kurang dari 30 ribu, sehingga jika ingin mendapatkan peluang-peluang, harus punya nilai lebih. Untuk memiliki nilai lebih, salah satunya adanya dengan sertifikasi. Orang yang memiliki sertifikasi itu sama dengan orang yang punya kompetensi,’’ pungkasnya. (Humas UMK untuk TerasJatim.com)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim