Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kapolri Sebut Pelaku Penyerangan di Mapolsek Wonokromo Jaringan JAD

Kapolri Sebut Pelaku Penyerangan di Mapolsek Wonokromo Jaringan JAD

TerasJatim.com, Surabaya – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan, pelaku aksi penyerangan disertai pembacokan terhadap anggota Polsek Wonokromo Surabaya merupakan jaringan anggota JAD (Jamaah Ansharut Daulah).

Hal itu disampaikan Tito usai menjenguk Aiptu Agus Sumartono, yang tengah dirawat di RS Bhayangkara Polda Jatim, Senin (19/08/19).

“Pelaku ini sudah ditangkap dan diamankan. Dari hasil penyidikan, pelaku ini masih terafiliasi dengan jaringan JAD. Ini masih anggota dari para pelaku bom gereja di Surabaya tahun lalu,” jelas orang nomor satu di Mabes Polri itu.

Saat ditanya jaringan pelaku di wilayah Jatim, Tito menegaskan sudah mengetahui nama-nama kelompok dari pelaku. “Saya tidak bisa sebutkan, tapi saya sudah perintahkan untuk tangkap jaringannya agar tidak melakukan teror,” tegasnya.

Jenderal polisi bintang empat itu juga menjelaslan kronologis awal kejadian teror di Mapolsek Wonokromo. “Pelaku memang berpura-pura membuat laporan dan diterima anggota yang jadi korban (Aiptu Agus Sumarsono). Lalu pelaku mengeluarkan senjata tajam dan membacok korban berulang kali,” jelasnya.

Pelaku, kata Kapolri, kini sudah diamankan dan masih dilakukan pengembangan untuk mengungkap dan menangkap jaringan pelaku yang merupakan anggota JAD. “Kami akan secepatnya menangkap jaringan pelaku,” tandasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Kapolri juga akan memberikan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi terhadap Aiptu Agus Sumarsono. Agus dinaikkan pangkat dari Aiptu menjadi Ipda.

Selain Agus, sambung Jenderal Tito, pihaknya juga menaikkan pangkat 2 anggota lainnya, yaitu Heru Prasetyo dan Febian Lasadewa Kuncoro. Nama terakhir yang disebut, juga turut menjadi korban. Sedangkan Heru Prasetyo, yang berhasil melumpuhkan pelaku.

“Untuk Febian, dinaikkan pangkat dari Briptu menjadi Brigpol. Sementara, Heru dinaikkan pangkat dari Aipda ke Aiptu,” pungjkasnya.

Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor STR/509/VIII/2019 yang ditandatangani Karobinkar As SDM Brigjen Pol Permadi. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Baca juga: https://www.terasjatim.com/berpura-pura-melapor-pria-ini-lukai-2-anggota-polsek-wonokromo/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim