Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jemaah Calon Haji Asal Pacitan Terbang Lebih Awal ke Tanah Suci

Jemaah Calon Haji Asal Pacitan Terbang Lebih Awal ke Tanah Suci
(Manasik haji tahun lalu di Alun-alun Pacitan/Foto: Git/TerasJatim.com)

TerasJatim.com, Pacitan – Musim haji 2019, Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pacitan Jatim masuk gelombang pertama kelompok terbang (Kloter) IV, yang rencananya akan terbang ke tanah suci pada 7 Juli 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Pacitan, Dr. H. M. Nurul Huda, saat ditemui TerasJatim.com di ruang kerjanya, Rabu (12/06/19).

“Jadi, calon haji Pacitan nanti masuk asrama haji pada 6 Juli 2019 dan Pacitan akan bergabung dengan Kota Madiun serta sebagian dari kabupaten lainnya. Insyaallah calon haji Pacitan sudah siap semuanya, termasuk administrasinya,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, JCH Pacitan yang akan diberangkatkan ke tanah suci tercatat ada 197 jemaah. Dengan rincian, lunas tahap I sebanyak 154 orang, lunas tahap II sejumlah 36 orang dari jemaah sudah haji, lansia, dan lansia dengan pendamping.

Kemudian, cadangan masuk 1 orang, lunas tahap III, 5 orang dari penambahan kuota nasional sebanyak 10 ribu. Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 2 orang, meninggal 1 orang, mutasi masuk 4 orang dan mutasi keluar 4 orang, dengan jumlah total 197 orang.

“Jumlah itu sudah termasuk tambahan dari kunjungan Pak Jokowi yang 10 ribu itu dibagi seluruh Indonesia. Kalau untuk jumlah lansianya sekitar 20-30 orang dan hampir semuanya didampingi pihak keluarga,” terang Nurul Huda.

Sementara itu, terkait persiapan haji sendiri, menurutnya harus ada manasik terlebih dahulu baik manasik yang diadakan di luar pemerintah maupun manasik yang harus diikuti oleh calon haji (Calhaj) yang diadakan oleh pemerintah.

“Insyaallah tanggal 15 Juni 2019 sudah kita mulai manasik. Kabupaten itu 2 kali ditambah manasik yang ada di masing-masing kecamatan,” katanya.

Ia menambahkan, mengingat calon haji Pacitan masuk gelombang pertama dan berangkat lebih awal, diharapkan kepada calon haji untuk selalu menjaga kondisi kesehatannya.

“Karena sekian tahun sudah menanti keberangkatan, terutama hatinya harus disenangkan dahulu, kemudian dijaga kesehatannya. Kalau hatinya sudah senang, Insyaallah akan menjadi sehat,” imbuhnya.

Terpisah, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Pacitan, Agus Hadi Prabowo menjelaskan, jemaah calon Haji Pacitan sesuai jadwal dari Kanwil Kemenag Prov. Jatim akan masuk asrama Haji Surabaya pada 7 Juli 2009 sore, pukul 15:00, dan terbang menuju Madinah pada 8 Juli 2019 pukul 15:30 WIB. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim