Jelang Ramadhan, Bupati Jombang Gelar Rakor Cipta Kondisi

Jelang Ramadhan, Bupati Jombang Gelar Rakor Cipta Kondisi

TerasJatim.com, Jombang – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab menggelar rapat koordinasi (Rakor) Cipta Kondisi bersama Ketua DPRD, Forkopimda, Ketua dan seluruh pengurus FKUB, FPK dan FKDM Kabupaten Jombang, di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang, Kamis (01/04/21).

Diungkapkan Bupati Jombang, penanggulangan berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan tentu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun masyarakat juga harus terlibat.

Oleh karenanya, dengan keberadaan forum-forum (FKUB, FPK dan FKDM) diharapkan bisa berperan aktif dalam upaya preventif yang sifatnya mengantisipasi agar permasalahan besar jangan sampai terjadi, sehingga masalah yang dihadapi dapat direspon dan ditanggulangi bersama-sama secara cepat dan tepat. Hal ini guna mewujudkan masyarakat Jombang yang senantiasa kondusif dan lebih sejahtera.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, kami mengajak seluruh anggota FKUB, FPK dan FKDM, agar bisa menyikapi dengan baik dampak dari Covid-19, sehingga permasalahan yang ditimbulkan Covid-19 segera bisa diatasi, baik permasalahan penyebarannya (kesehatan) maupun permasalahan dampak sosial ekonominya,” jelas Munjidah.

Apabila permasalahan tersebut tidak segera teratasi, sambung dia, dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai konflik sosial di masyarakat.

Bupati bersyukur, trend penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang saat ini sudah menunjukkan penurunan yang signifikan, setelah dilaksanakan vaksinasi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Namun demikian, kami berharap disampaikan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” pintanya.

Tidak hanya itu, Bupati juga meminta untuk mewaspadai dan mengantisipasi timbulnya permasalahan secara keseluruhan di bidang idiologi, politik, sosial budaya dan keamanan, utamanya terkait dengan maraknya berita hoax, radikalisme, isu sara yang dihembuskan oleh kelompok yang anti kemapanan yang membuat perpecahan, bahkan mengarah kepada terjadinya disintegrasi bangsa.

Disinggung juga oleh Bupati Jombang, dalam memasuki bulan suci Ramadhan agar umat Islam bisa menjalani ibadah puasa dengan khusyuk dan merayakan Idul Fitri dengan tenang. “Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Jombang melalui forum-forum agar tetap menjaga situasi yang Jombang agar tetap kondusif,” harapnya.

“Berkaitan dengan hal tersebut mohon disampaikan kepada warga masyarakat Jombang agar selalu menjaga kerukunan, kebersamaan, toleransi, dan kegotong royongan. Karena kebersamaan dan kegotong royongan merupakan modal utama dalam membangun Kabupaten Jombang dengan visi “Jombang Yang Berkarakter dan Berdaya Saing”,” tambahnya.

“Saya mohon maaf atas kurang optimalnya Pemerintah Kabupaten Jombang dalam memfasilitasi kegiatan forum-forum, karena ini masih keterbatasan APBD. Namun demikian kami berharap dengan fasilitas yang sangat minim dari pemerintah kabupaten, tidak mengurangi semangat untuk melaksanakan tugas. Mudah-mudahan ke depan Pemerintah Kabupaten Jombang bisa memberikan fasilitas yang memadai sesuai harapan dari forum-forum yang terpenting,” tutur Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan program pembangunan Pemerintah Kabupaten Jombang yang sempat terdampak Covid 19 dan akan dilaksanakan di Kabupaten Jombang. Diantaranya Program Bahagia Bersama Tetangga di bulan Ramadhan, yakni dengan memberikan makanan untuk kaum dhuafa yang menjalankan ibadah puasa. (Abu/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim