Jaga Emosi Berkendara Saat Berangkat dan Pulang Kerja

Jaga Emosi Berkendara Saat Berangkat dan Pulang Kerja

TerasJatim.com, Surabaya – Saat ini sepeda motor menjadi salah satu alternatif yang paling cocok digunakan saat berangkat dan pulang kerja. Selain untuk menghindari kemacetan, juga agar tetap nyaman apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Namun, berkendara juga harus mempunyai pengetahuan mengenai teknik berkendara, karena keselamatan berkendara di jalan raya seharusnya menjadi salah satu fokus kita sebagai pengguna jalan raya.

Nah, bagi yang menggunakan motor untuk kegiatan sehari–hari, ada baiknya mengikuti tips berikut ini, agar bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara di jalan raya.

1. Kondisi Badan Fit

Pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan cukup istirahat. Kurang istirahat akan menggangu konsentrasi dan fokus saat berkendara, sehingga bisa memicu emosi saat di jalan.

2. Tetap Gunakan Safety Gear

Walaupun sudah terbiasa menggunakan sepeda motor sehari–hari, tetap wajib memakai perlengkapan standar keselamatan, yakni helm, jaket, dan sepatu, agar standar tersebut terpenuhi dan bisa menjadi lebih aman dalam berkendara untuk kegiatan sehari–hari.

Selain safety gear, persiapkan juga perlengkapan dan surat–surat kendaraan bermotor, kalau perlu cek terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan sepeda motor.

3. Etika Berkendara yang baik

Saat berkendara dibutuhkan etika berkendara yang baik, karena saat di jalan ada pengendara lain yang juga menggunakan fasilitas jalan. Etika yang baik akan meminimalisir terjadinya perselisihan atau kesalahpahaman dengan pengendara lain.

Jangan terpancing dengan perilaku pengendara lain karena setiap pengendara mempunyai karakter dan etika yang berbeda, terutama pengendara yang tidak bertanggung jawab. Apabila kita bertemu dengan pengendara yang seperti itu, alangkah baiknya diabaikan saja.

4. Manajemen waktu

Berkendara di pagi atau sore hari saat orang berangkat dan pulang kerja, menyebabkan jalanan macet. Untuk mengatasi hal itu sebaiknya mencari jalan alternatif. Jangan pernah menggunakan akses jalan seperti trotoar dan fasilitas lainnya, karena hal tersebut sangatlah berbahaya. Berkendaralah dengan sewajarnya, dengan batas kecepatan yang aman dan dengan mentaati segala peraturan lalu lintas yang ada.

“Karena padatnya lalu lintas di jam berangkat maupun pulang kerja, biasakan untuk mengatur waktu perjalanan. Berangkat di waktu mepet jam masuk kantor akan menyebabkan berkendara kurang berhati–hati, sebab berkendara membutuhkan konsentrasi agar kita #Cari_Aman sampai tempat kerja, dan bekerja lebih focus,” kata Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim. (Azz-cc)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim