Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jadi Tersangka Korupsi, Wakil Ketua DPRD Surabaya Ditahan

Jadi Tersangka Korupsi, Wakil Ketua DPRD Surabaya Ditahan

TerasJatim.com, Surabaya – Setelah menjalani pemeriksaan sekitar 7 jam oleh penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya, Wakil Ketua DPRD Surabaya, Darmawan, akhirnya resmi ditahan sebagai tersangka atas kasus Korupsi Dana Jasa Aspirasi Masyarakat (Jasmas) 2016.

Usai keluar dari ruang pemeriksaan, politikus Partai Gerindra itu langsung dibawa ke mobil tahanan dan dijebloskan ke Rutan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim.

Menurut Kepala Kejari Tanjung Perak Surabaya, Rachmat Supriadi, penahanan dilakukan setelah penyidik menemukan lebih dari 2 alat bukti untuk menjerat Darmawan sebagai tersangka.

“Sebelum ditahan, Wakil Ketua DPRD Surabaya ini kita tetapkan sebagai tersangka. Setelah selesai diperiksa langsung kita lakukan penahanan di Rutan Kejati Jatim, ” ujarnya, Selasa (16/07/19) malam.

Menurutnya, pemeriksaan Darmawan ini merupakan pemeriksaan lanjutan dari tersangka sebelumnya, Agus Setiawan Jong, yang juga Anggota DPRD Surabaya. Perkara Agus saat ini sudah masuk tahap penuntutan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

“Tersangka Agus diduga melakukan mark up sejumlah pengadaan peralatan seperti tenda, kursi dan sound system dengan menggunakan dana Jasmas. Sedangkan Tersangka Dharmawan mengkoordinir proposal dari RT-RT,” tambah Rachmat.

Proposal itu, lanjut Rachmat, diberikan kepada Agus untuk diproses. Berdasarkan bukti yang dikantongi penyidik, tersangka Darmawan berhasil mengumpulkan 8 proposal, dan memperoleh fee sebesar Rp80 juta.

“Semacam komisi. Dia mendapat keuntungan dari mengumpulkan proposal tersebut. Detailnya nanti dipersidangan,” jelasnya.

Dalam kasus yang sama, selain Agus Setiawan Jong dan Darmawan, penyidik Kejari Tanjung Perak Surabaya juga sudah menetapkan tersangka lain, yakni Sugito, anggota DPRD Surabaya dari Partai Hanura. Sugito sebelumnya juga sudah ditahan.

Selain itu, penyidik juga sudah memeriksa sejumlah saksi, diantaranya anggota DPRD Surabaya, masing-masing Ratih Retnowati, Syaiful Aidy dan Dini Rijanti. (Ah/Kta/Red/TJ/medcom.id)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim