Heru Setyanto: Peningkatan Layanan Kesehatan Jadi Prioritas Mbois

Heru Setyanto: Peningkatan Layanan Kesehatan Jadi Prioritas Mbois

TerasJatim.com, Pacitan – Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 28 H ayat 1. Namun, kepuasan atas pelayanan kesehatan yang ada saat ini, tidak seutuhnya dimiliki.

Di Kabupaten Pacitan, Jatim misalnya, atas pelayanan kesehatan yang ada, sejumlah masyarakat mengaku belum bisa membuktikan respon baik dari masyarakat. Bahkan, tak sedikit orang yang membandingkan atas pelayanan kesehatan dengan daerah lain.

Hal itu salah satunya disampaikan oleh Heru Setyanto, Ketua Tim Pemenangan Mbois, yang juga sebagai Politisi dari PDIP. Ia mengatakan, bahwa tak sedikit orang telah menemuinya dan menyampaikan keluhan ketidakpuasan atas pelayanan kesehatan di Pacitan.

“Saya sering mendengar keluhan masyarakat, baik langsung, melalui aduan bahkan rasan-rasan di ragam sosial media tentang ketidakpuasan pelayanan kesehatan secara umum,” kata Heru, saat ditemui TerasJatim.com, di ruang kerjanya, Kamis (17/09/20).

Menurutnya, ketidakpuasan masyarakat atas pelayanan kesehatan itu sebenarnya bisa dilakukan pembenahan dengan 5 dimensi. Pertama tangibles atau dimensi pelayanan tampilan dan sarpras yang baik. Kedua reliability yaitu pengukuran kemampuan serta performa tenaga kesehatan yang handal dan tepat guna. Ketiga responsiveness yaitu siaga dan respon cepat terhadap pasien.

Keempat assurance, yakni kemampuan komunikasi, dipercaya, tanggung jawab, berkompetensi, dan rasa hormat tenaga kesehatan terhadap pasien. Dan kelima adalah empathy, yang berupa bentuk perhatian hingga menyelami keadaaan pasien termasuk psikologi.

“Tak perlu harus menunggu, kalau pun mau sebenarnya sekarang pun bisa melakukan pembenahan dengan menggunakan 5 dimensi pokok yang menentukan kualitas suatu pelayanan,” ungkapnya.

Pasangan Mbois, lanjut Heru, ke depan akan mengutamakan pembangunan pusat pelayanan kesehatan hingga ke tingkat desa. “Hanya saja jumlah tenaga kesehatan yang ada ini masih terbatas. Dan ini juga menjadi perhatian serius ‘Mbois’ ke depan. Karena kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim