Hari Lahir Pancasila, PETAKA Banyuwangi Ajak Masyarakat Jaga Kesatuan dan Persatuan

Hari Lahir Pancasila, PETAKA Banyuwangi Ajak Masyarakat Jaga Kesatuan dan Persatuan

TerasJatim.com, Banyuwangi – Pada momentum Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Selasa (01/06/21) hari ini, Pergerakan Wartawan Reinkarnasi (PETAKA) Kabupaten Banyuwangi mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu menjaga kesatuan dan persatuan.

Ketua PETAKA Banyuwangi Nanang Slamet megatakan, peringatan hari lahirnya Pancasila menjadi hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Ia menilai Pancasila merupakan ideologi yang menjadi tumpuan kuat bangsa Indonesia.

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai Pancasila sebagai dasar persatuan Indonesia. “Hari Lahir Pancasila tidak hanya bernilai sejarah, tetapi karena makna yang terkandung dalam setiap butir sila Pancasila merupakan hal yang harus dihayati oleh warga Indonesia,” ucap Nanang, yang juga Kepala Biro TerasJatim.com di Banyuwangi Ini.

Dia menyampaikan, perbedaan keberagaman suku bangsa, budaya, agama, ras, serta bermacam-macam golongan dan kelompok, tidak menjadi penghalang bagi bangsa ini untuk membentuk NKRI.

Ini dikarenakan adanya kesadaran untuk mengedepankan nilai persatuan dan kesatuan di atas segala perbedaan dalam komponen bangsa.

“Oleh karenanya mari kita sama-sama jaga persatuan dengan kembali memahami esensi dari Hari Lahirnya Pancasila dan mengamalkan kelima sila yang ada di Pancasila secara nyata,” tutupnya. (Ris/Nng/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim