Genjot PAD Pacitan, Cabup Yudi Sumbogo Akan Optimalkan Kearifan Lokal Hingga Peran Perusda

Genjot PAD Pacitan, Cabup Yudi Sumbogo Akan Optimalkan Kearifan Lokal Hingga Peran Perusda

TerasJatim.com, Pacitan – Calon Bupati Pacitan nomor urut 2, Yudi Sumbogo, memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kabupaten yang terkenal dengan objek wisata pantai dan gua tersebut.

Yudi mengatakan, PAD Pacitan dalam kurun waktu selama 1 tahun hanya sekitar Rp290 miliar. “Itu meliputi semuanya, baik pajak daerah, retribusi wisata dan pedapatan lainnya,” terangnnya, saat ditemui sejumlah awak media, Kamis (15/10/20) malam.

Menurutnya, hal itu bisa dinaikkan kembali dengan memaksimalkan potensi wisata yang juga digabungkan dengan kearifan lokal yang ada.

Selain kaya dengan objek wisata, baik pantai maupun gua dan panorama alam pegunungan, Pacitan juga memiliki budaya yang khas seperti Kethek Ogleng yang sudah diakui hak kekayaan intelektual-nya, Ceprotan, Badut Sinampurno, dan lainnya.

“Jika itu semua dikelola dengan baik, Pacitan bisa sama dengan Bali, bahkan bisa melebihi, karena keindahan alamnya masih sangat natural,” jelasnya.

Di bidang religi, Kabupaten Pacitan memiliki Pondok Tremas yang merupakan pondok tertua dan berpengaruh, serta memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Indonesia.

“Pondok Tremas juga menjadi kekayaan Pacitan sehingga banyak masyarakat luar bisa datang ke Pacitan. Selain itu, sejarah Panglima Besar Jenderal Sudirman yang pernah memimpin perang gerilya dari Pakis Baru Nawangan juga perlu mendapatkan sentuhan agar menjadi wisata sejarah yang tak terlupakan,” urainya.

Selain itu, Yudi mengatakan bahwa di Pacitan banyak berdiri perusahaan nasional, salah satunya seperti PLTU di Sudimoro. Di PLTU ini, Pemkab dinilainya bisa turut berperan dalam penyediaan batu bara, melalui Perusahaan Daerah (Perusda).

Ia mencontohkan, misal kebutuhan batu bara dalam waktu 1 bulan sekitar 180 ribu ton, untuk 80 ribu ton perusahaan daerah kita bisa turut berperan dalam hal penyediaan. Hal-hal seperti ini dinilainya belum tergarap.

“Jika semua hal itu bisa dikerjakan, di tambah ada pelabuhan niaga di Pacitan, saya yakin Pacitan akan menjadi daerah yang maju dan ramai. Perputaran uang akan maksimal di Pacitan sehingga kesejahteraan akan bisa diwujudkan. Saya juga yakin dengan kebersamaan kita pasti bisa,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim