Fraksi PKB Soroti Penangangan Kekeringan di Pacitan

Fraksi PKB Soroti Penangangan Kekeringan di Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan – Bencana alam kekeringan yang terjadi setiap tahun di Kabupaten Pacitan Jatim, hingga saat ini penanganannya masih belum menjadi prioritas.

Menurut Anggota Fraksi PKB DPRD Pacitan, Adi Subroto, selama ini Pemkab Pacitan dianggap kurang sigap dalam mengatasi hal tersebut. Bahkan, tidak ada upaya untuk memutus persoalan yang setiap tahun selalu terjadi itu.

“Saat kekeringan, biasanya Pemkab Pacitan hanya mengirimkan bantuan air bersih ke tempat yang dilanda bencana tahunan itu. Jadi, tidak ada upaya riil mengatasi masalah tersebut secara tuntas, sehingga persoalan itu setiap tahun terus berulang,” ungkap Adi, Kamis (24/09/20).

Seharusnya, lanjut Adi, Pemkab Pacitan memiliki langkah prioritas dalam mengatasi masalah tersebut. “Kalau hanya mengirim pasokan air bersih, hal itu seperti halnya kita sakit kepala. Pemkab hanya memberikan obat, bukan mencari sebab kenapa hal itu terjadi. Seharusnya Pemkab Pacitan memiliki upaya yang menjadi prioritas, agar kekeringan itu tidak terjadi lagi,” katanya.

Selain itu, lanjut Adi, reboisasi secara maksimal dan pembangunan embung juga belum menjadi program prioritas untuk mengatasi persoalan tersebut. “Kita memiliki data daerah yang mengalami kekeringan parah, lalu kita buat program prioritas seperti pembuatan embung di tempat itu, selain itu reboisasi juga harus digalakkan untuk pelestarian sumber air di seluruh wilayah utamanya di daerah pegunungan,” jelasnya.

Namun demikian, Adi mengatakan, bahwa Fraksi PKB akan mendorong pasangan Yudi Sumbogo dan Isyah Ansori (Mbois) untuk membuat program prioritas, utamanya dalam penanganan masalah kekeringan yang menjadi rutinitas tahunan di Pacitan.

“Harus ada solusi yang tuntas untuk mengatasi masalah ini, selain nantinya Waduk Tukul menjadi harapan kita sebagai sumber pengairan. Yang terpenting adalah distribusi atau pipanisasinya harus tepat. Daerah yang mengalami kekeringan harus menjadi prioritas sehingga bencana kekeringan tidak terjadi lagi di Pacitan,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim