Eksotisnya Pacitan

Eksotisnya Pacitan
Seruling Samudera (Pantai Klayar, Donorejo, Pacitan)

TerasJatim.com – Pacitan adalah sebuah kabupaten yang nyempil di barat daya Jawa Timur. Daerah ini mungkin belum sempat masuk dalam daftar tempat-tempat di Indonesia yang ingin dituju oleh para penggemar travelling. Selain letaknya yang lumayan terpencil, banyak orang menganggap akses ke Pacitan agak sulit dan memerlukan keahlian dalam berkendara, karena jalan yang berkelok naik turun melewati bukit-bukit.

Namun itulah kelebihan yang didapat jika anda mengunjungi Pacitan. Jalan yang lumayan lebar dan relatif halus yang sebagian besar sudah di hotmix, di kiri kanan anda akan menemukan banyak sensasi untuk melihat pemandangan yang indah dan menakjubkan. Dari arah Ponorogo, anda menyusuri jalan sepanjang 78 km dan anda ditantang untuk mengeksplorasi pesona yang tersimpan di kelokan bukit yang tersembunyi.

Dari arah Surabaya ke Pacitan dibutuhkan waktu  + 6 jam, anda melalui rute Mojokerto -Jombang-Nganjuk-Madiun-Ponorogo dan Pacitan, dengan jarak tempuh + 340  km.

Daya tarik tempat wisata di Pacitan dengan kontur wilayah yang dikelilingi pegunungan adalah pada wisata alamnya yang menawan. Anda dapat menemukan sejumlah pantai dan goa-goa yang menarik di daerah ini. Jika Anda adalah seorang penjelajah alam, maka mengunjungi goa-goa yang ada di Pacitan mungkin akan menjadi satu hal berkesan. Dengan jumlah goa yang begitu banyak, Pacitan mendapat julukan Kota 1001 Goa dengan pesona wisata goanya yang menarik untuk dicoba.

Penulis yang beberapa waktu lalu mencoba mengunjungi Pacitan, merekomendasikan beberapa tempat yang layak untuk kita kunjungi. Untuk wisata alam goa, anda perlu untuk melihat goa Gong. Goa Gong, terletak di desa Bomo kecamatan Punung Donorejo, sebuah goa yang indah dan masih relatif alami dalam gugusan goa-goa yang lain yang ditawarkan oleh Pacitan. Nama goa Gong erat kaitannya dengan salah satu nama perangkat gamelan jawa, yaitu gong.

Sedang untuk pantai yang masih terlihat alami, dari goa gong berjarak 12 km, anda akan menemukan sensasi pantai indah dan perawan. Namanya pantai Klayar.

Pantai ini juga banyak disebut sebagai pantai seruling. Pantai ini terletak di Kecamatan Donorojo, sekitar 45 km dari kota Pacitan (12 km dari goa gong). Di sini anda bisa menemukan seruling laut, salah satu keunikan Pantai Klayar yang jarang kita temui di pantai-pantai lainnya.

Seruling laut ini berupa batu karang besar yang memiliki celah. Setiap kali ombak besar datang, celah karang itu memancarkan air ke atas dan menimbulkan bunyi siulan. Selain itu, ada karang raksasa yang berbentuk mirip Sphinx. Di pantai ini, anda  sama sekali dilarang untuk berenang dan bermain-main terlalu jauh dari bibir pantai. Selain karena ada aturan tradisi, pantai ini memiliki ombak yang sangat ganas. Selamat mencoba eksotisnya Pacitan. (Kta/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim