DPMD Jombang Gelar Bimtek Aplikasi Siskuedes

DPMD Jombang Gelar Bimtek Aplikasi Siskuedes

TerasJatim.com, Jombang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskuedes) bagi perangkat desa dan satgas kecamatan.

Kegiatan yang mengundang pihak BPKP Provinsi Jatim sebagai pembimbingnya ini, , akan berlangsung dari tanggal 23 sampai 26 Nopember 2020.

Saat membuka kegiatan, Sekretaris DPMD, Agus Prasetyo, menekankan kepada seluruh peserta yang terdiri dari unsur perangkat desa dan dari satgas kecamatan, untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius.

“Agar dalam pengelolaan keuangan dan aset desa ke depanya lebih baik, akuntabel dan transparan, seperti harapan kita bersama. Dan jangan sampai ada hal-hal yang terjadi yang tidak kita harapkan bersama,” pesan Agus kepada peserta bimtek.

Agus menambahkan, kegiatan Bimtek Sistem Keuangan Desa ini digelar di 2 tempat berbeda, yakni di aula DPMD dan aula Dinas Pendidikan, yang diikuti peserta sebanyak 666 dari seluruh kecamatan dan desa se-Kabupaten Jombang. Mereka terdiri dari 42 orang satgas kecamatan dan 604 orang pelaksana pengelolaan keuangan aset desa.

“Maksud dan tujuan diadakan Bimtek Siskuedes ini untuk meningkatkan kemampuan tim pembina di tingkat kecamatan dalam pembinaan pengelolaan keuangan desa yang mencakup perencanaan, penyusunan APBDes, penata usahaan keuangan desa, serta pertanggung jawaban pelaksanaan APBDes,” sambungnya.

Selain itu, dalam Bimtek Siskuedes ini diharapkan dapat menyamakan persepsi tentang pengelolaan keuangan desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 tahun 2018, tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yang sudah dijabarkan melalui Peraturan Bupati Nomor 42 tahun 2019, tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.

Sementara, Joko Muji, Ketua Panitia Pelaksana Bimtek Aplikasi Siskuedes, yang sekaligus Kabid Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa DPMD Jombang, mengatakan, bahwa dasar hukum untuk melaksanakan kegiatan tersebut antara lain, Permendagri Nomor 20 tahun 2018, Perbup Jombang Nomor 42 tahun 2019, Perda Jombang Nomor 8 tahun 2020, tentang Perubahan APBD tahun 2020.

Selain itu juga adanya Perbup Jombang Nomor 58 tahun 2020, tentang Perubahan Penjabaran APBD tahun Anggaran 2020, dan Surat Keputusan Kepala DPMD, tentang Penunjukan Panitia Penyelenggara Kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES). (Abu/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim