Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Disorot Gunakan Mobil Dinas Saat Tes KPUD, Ini Tanggapan Kepala Bakesbangpol Pacitan

Disorot Gunakan Mobil Dinas Saat Tes KPUD, Ini Tanggapan Kepala Bakesbangpol Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan – Ramai dibincangkan di media mainstream terkait penggunaan kendaraan dinas plat merah di luar jam kedinasan, Suharyanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pacitan, angkat bicara.

Hal ini karena pihaknya merupakan salah satu pejabat yang dimaksud, dan sebentar lagi akan memasuki masa pensiun, yang kemudian mengikuti seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pacitan di Surabaya beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Suharyanto tidak menampik kabar itu. Ia membenarkan jika dirinya telah memakai kendaraan berplat merah untuk mengikuti tahapan seleksi tersebut.

“Memang pada saat CAT itu saya menggunakannya untuk mobilisasi saat mengikuti kegiatan di Surabaya,” ujarnya, kepada TerasJatim.com, di ruang kerjanya, Senin (27/05/19).

Menurutnya, alasan menggunakan kendaraan dinas tersebut karena masih pada masa pemilu yang juga masih semi kedinasan. Namun, pihaknya mengklaim bahwa penggunaan kendaraan tersebut sesuai amanat UU pasal 434 nomor 7/2017.

“Di undang-undang tersebut menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah berkewajiban untuk memberikan dukungan kepada penyelenggara pemilu,” katanya.

Suharyanto menjelaskan, berbagai macam dukungan dari Bakesbangpol tersebut diantaranya memberikan fasilitas. “Jadi, kita punya kewajiban hirarki ke atas, terutama terkait pelaporan-pelaporan. Saat itu saya tidak bisa ijin untuk melakukan tugas itu, di samping itu misalnya saja terkait tugas itu, kan juga tugas negara,” jelasnya.

Disinggung bahwa ada beberapa peserta yang melihat di dalam mobil dinas tersebut terdapat orang lain yang juga peserta tes, pihaknya juga membenarkannya karena orang tersebut butuh tumpangan. “Ya, namanya orang mau numpang masa tidak boleh. Kebetulan mobil juga masih longgar, masa saya mau bilang jangan. Kan tidak mungkin,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu salah satu saksi yang juga peserta tes menyebutkan, bahwa mobil dinas berjenis Toyota Innova berwarna hitam berplat merah dengan nomor dua digit tersebut terlihat terparkir di halaman Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional 2 Surabaya, pada saat berlangsungnya tes CAT bagi calon komisioner KPUD.

“Waktu pulang, saya tahu beliau (pejabat pemilik mobil) duduk di samping sopir. Dan ada beberapa peserta tes lainnya yang ada di dalam mobil,” terang salah satu saksi yang enggan disebutkan namanya.

Saksi tersebut menambahkan, bahwa kendaraan plat merah itu adalah milik Pemkab Pacitan. Karena, terdapat kode dengan nomor polisi (nopol) tertulis AE ** XP. “Setahu saya ada yang memfoto dari peserta tes lainnya,” imbuhnya.

Sebagai catatan, dari 40 pendaftar calon anggota KPUD Pacitan, kini menyisakan 23 nama yang lolos seleksi di zona IV Jatim, termasuk Suharyanto.(Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim