Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dinas Peternakan Jatim Turun Tangan Ikut Stabilkan Harga Ayam Potong

Dinas Peternakan Jatim Turun Tangan Ikut Stabilkan Harga Ayam Potong

TerasJatim.com, Surabaya – Terkait turunnya harga ayam potong di tingkat peternak, Dinas Peternakan Jatim akhirnya ikut turun tangan untuk membantu menstabilkan harga ayam potong. Meski hal itu merupakan tanggung jawab dari Dinas Perdagangan.

Sebelumnya, harga ayam di tingkat peternak, turun hingga Rp 8 ribu per kilogram. Harga tersebut disebut merupakan harga yang terendah sejak 2010 lalu.

Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Jatim, Wemmi Niamawati mengatakan, pihaknya bergerak dengan menggandeng pihak terkait, untuk meninjau langsung ke sentra unggas di 6 kabupaten di Jatim.

“Sekarang kita bergerak antar pusat Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama Dinas Peternakan Provinsi ke sentra unggas di 6 kabupaten, dan berkoordinasi dengan Satgas Pangan dan KPPU,” ujar Wemmi, beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, sebenarnya tugas dan fungsi Dinas Peternakan lebih kepada peningkatan mutu hingga produksi ternak. Namun dalam kasus turunnya harga ayam, pihaknya tidak bisa tinggal diam. “Tugas dan fungsi Dinas Peternakan adalah meningkatkan produksi dan mengendalikan penyakit hewan serta menjaga mutu dan keamanan produk dan pakan,” tuturnya.

Sementara terkait masalah harga ayam, Wemmi menambahkan, bahwa itu merupakan ranah Dinas Perdagangan. Tetapi, pihaknya akan berupaya membantu ikut menstabilkan harga, diantara dengan melakukan bazar pasar murah, promosi gizi dengan melibatkan pelaku usaha dan peternak. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim