Cara Usir Lalat di Musim Penghujan

Cara Usir Lalat di Musim Penghujan

TerasJatim.com, Surabaya – Lalat adalah serangga yang kehadirannya sangat mengganggu dan menjijikkan. Kehadirannya tidak saja merepotkan, namun juga membawa bibit penyakit yang merugikan manusia.

Kesukaannya hinggap di berbagai tempat kotor lalu ke berbagai makanan yang ada rumah, dapat memicu penyakit seperti diare.

Jika Anda sedang merasa kerepotan untuk mengusir lalat dari rumah dan lingkungan Anda, maka coba saja beberapa cara gampang di bawah ini.

Kantung berisi air,

Isilah sebuah kantung plastik bening dengan air, lalu ikat erat agar dapat digantung. Letakkan di dekat lampu atau sumber cahaya terang, agar air di kantung dapat membiaskan sinarnya. Lalat akan bingung dengan pembiasan cahaya tersebut, dan mencari tempat yang tak terbias cahaya.

Jeruk dan cengkeh,

Ambil sebutir lemon, potong lalu tancapkan beberapa butir cengkeh di atas permukaan yang terpotong. Aroma cengkeh dan lemon tidak disukai oleh lalat dan nyamuk, sehingga mereka akan kabur.

Kemangi,

Beberapa rumpun kemangi di pot dapat Anda letakkan di sudut-sudut rumah. Tanaman tersebut akan membuat lalat tak betah di sekitarnya.

Lilin,

Menyalakan beberapa buah lilin juga dipercaya dapat mengusir lalat, karena hawa panasnya tak disukai oleh lalat yang dapat terbakar.

Cabai,

Menggantung beberapa buah cabai merah besar di atas ruangan juga diyakini dapat jadi cara ampuh usir hewan ini.

Daun pandan/lavender,

Daun pandan yang diiris kecil, atau bunga lavender juga mampu mengusir lalat dengan aroma mereka yang wangi.

Lem lalat,

Banyak sekali dijual kertas yang berisi lem lalat. Letakkan kertas lem tersebut di tempat mana lalat sering hinggap, dan tunggu hingga mereka menempel. Ini praktis sekali sebab lalat yang sudah menempel tak akan bisa lolos lagi. (Sidomi)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim