Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Calon Haji Nihil KLB Hepatitis A, Kemenag Pacitan: Bahaya Jika Terdengar Hingga Luar Negeri

Calon Haji Nihil KLB Hepatitis A, Kemenag Pacitan: Bahaya Jika Terdengar Hingga Luar Negeri

TerasJatim.com, Pacitan – Sebanyak 197 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pacitan Jatim yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah, dipastikan nihil dari Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A yang saat ini mewabah di Pacitan.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Pacitan, H. Moh. Nurul Huda, saat ditemui TerasJatim.com di ruang kerjanya, Kamis (04/07/19).

“Sampai detik ini nihil. Kemarin itu kaitannya dengan KLB, calon haji asal Ngadirojo, Sudimoro itu sudah diperiksa dan Alhamdulillah hasilnya negatif. Insyaallah keseluruhannya dipastikan sehat dan siap untuk diberangkatkan. Tapi, jika tidak sehat tentu tidak berani untuk diberangkatkan,” katanya.

Meski nihil, pihaknya berharap kasus KLB Hepatitis A yang menjangkit sebagian masyarakat di Pacitan tersebut dapat segera selesai, agar tidak terdengar di telinga masyarakat di luar negeri.

“Saya berharap KLB Hepatitis A ini segera usai, karena sangat berbahaya kalau terdengar sampai luar negeri,” ucapnya, tanpa menjelaskan secara rinci terkait arti ‘bahaya’ jika terdengar hingga luar negeri.

Sementara itu, terkait langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintah, baik pemkab, provinsi maupun pusat, dalam upaya penanganan KLB maupun antisipasi penularannya, pihaknya sangat bersyukur karena sudah dilakukan semaksimal mungkin.

“Alhamdulillah sudah dilakukan dengan baik oleh Pemkab hingga pusat dan sudah dilakukan dengan berbagai cara, mulai apa yang penyebabnya, antisipasi agar tidak menular ke yang lain itu sudah diupayakan dengan semaksimal mungkin,” imbuhnya.

Sebagai informasi, JCH Pacitan masuk gelombang pertama kelompok terbang (kloter) SUB IV. Berdasarkan jadwal, keberangkatan dari pendapa kabupaten, pada Sabtu 6 Juli 2019 mulai pukul 04.00 WIB. Kemudian jamaah masuk asrama Haji Surabaya pukul 12.00 WIB, dan akan terbang menuju Madinah pada Minggu 7 Juli 2019 pukul 12.00 WIB. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim