Bupati Munjidah Hadiri Safari Gemarikan di Perak Jombang

Bupati Munjidah Hadiri Safari Gemarikan di Perak Jombang

TerasJatim.com, Jombang – Dalam rangka program penanganan stunting dan gizi buruk, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menghadiri safari Gerakan Memasyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di Kantor Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, Selasa (09/03/21).

Kegiatan yang menjadi program nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Komisi IV DPR RI ini, juga dihadiri anggota DPR RI Komisi IV Ema Umiyyatul Chusnah, Berny A. Subki, Sekretaris Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Moch Gunawan Shaleh, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Murti Cahyani, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang Widjono, serta sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkab Jombang.

Menurut anggota DPR RI Komisi IV Ema Umiyyatul Chusnah, acara Gemarikan ini mengusung tema “Ayo Makan Ikan, Makan Ikan Sehat, Kuat Dan Cerdas” yang diperuntukkan kepada ibu hamil dan ibu menyusui, tentang pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan pertumbuhan.

“Meskipun Jombang tidak mempunyai laut, namun melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan ini, mari kita membiasakan anak-anak makan ikan. Ikan ini proteinnya tercukupi, nutrisi tercukupi serta vitaminnya juga tercukupi. Kegiatan bulan ini di kecamatan Perak dan Plandaan,” jelas Ning Ema, sapaan akrab Ema Umiyyatul Chusnah.

Agar program ini bisa berkesinambungan dan masyarakat Kabupaten Jombang bisa mengkonsumsi ikan, Ning Ema berharap ada sinergisitas program, mulai dari pemerintah pusat, kabupaten maupun provinsi.

Dia juga mengusulkan ke Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim, bagaimana supaya ada program budidaya ikan dalam ember (Budidamber) sebagai langkah pemulihan ekonomi. “Satu rumah diberi sebuah ember, bibit atau benih dan pakannya diberikan secara merata. Anggarannya tergantung kemampuan APBD,” harapnya.

“Jadi Ibu-ibu di rumah bisa memelihara ikan lele yang di atasnya ada sayurnya dengan diberikan pendampingan. Saya mohon kepada yang dari pusat juga menganggarkannya,” tandas Ning Ema.

Di tempat yang sama, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menuturkan, sosialisasi Gemarikan ini dilaksanakan untuk membangun kesadaran masyarakat agar memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu keluarga.

Bupati mengajak masyarakat, terutama kepada ibu-ibu hamil dan ibu-ibu menyusui, remaja putri akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini, karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan untuk pertumbuhan dan kecerdasan. (Abu/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim