Bupati Mundjidah Resmikan Galeri Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang

Bupati Mundjidah Resmikan Galeri Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang

TerasJatim.com, Pacitan – Guna mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Jatim, terus berkomitmen melalui berbagai langkah terobosan. Salah satunya dengan membuka Galeri Cagar Budaya.

Acara Gelar Potensi Budaya serta Galeri Cagar Budaya ini dibuka langsung oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, ditandai dengan pemotongan rangkain bunga dan penandatanganan prasasti, yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Kamis (27/01/2022).

Saat membuka acara, Bupati Mundjidah didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang (Sekdakab Jombang) Agus Purnomo, Staf Ahli, Asisten dan para Kepala OPD terkait, berkenan meninjau satu persatu stand mulai dari pameran lukisan, pameran batik, stand karya dan produk siswa SMP Negeri se Kabupaten Jombang, dan stand kuliner yang disiapkan oleh panitia.

Jumadi, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, mengatakan bahwa gelar potensi budaya merupakan wadah bagi pelaku seni dalam mengekspresikan karya-karyanya. Kegiatan ini merupakan implementasi pemerintah daerah dalam mengimplementasikan Perda Nomor: 13 Tahun 2020 tentang Cagar Budaya.

“Kegiatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini untuk mengenalkan siswa-siswi sekolah tentang kekayaan budaya warisan leluhur. Ini merupakan implementasi dalam upaya melaksanakan program pemajuan kebudayaan. Kami berharap ke depan dengan sinergitas yang ada di Budaya akan Lestari, Pendidikan Maju Wisata Bangkit, Kuliner Sejahtera, Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing,” tutur Jumadi.

Di tempat yang sama, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, menyambut baik dan mengapresiasi adanya galeri Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Ke depan diharapkan ada gedung Cagar Budaya yang lebih representatif lagi. Karena saat ini gedung yang ada masih terlalu sempit.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik atas berdirinya Galeri Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang ini. Semoga bisa bermanfaat untuk mendukung kemajuan Kabupaten Jombang,” tuturnya.

Menurut Bupati, adanya Galeri Cagar Budaya ini merupakan wujud kepedulian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, guna memberikan ruang dan kesempatan kepada para pelajar maupun pelaku seni budaya untuk mengekspresikan karya seni dan budaya, untuk mengembangkan bakat seni dan menambah wawasan keilmuan tentang budaya.

“Saya berharap ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh banyak pihak, terutama untuk siswa-siswi di Jombang untuk mengetahui dan mengenal cagar budaya dan potensi budaya yang ada,
seperti benda-benda berkaitan dengan pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah,” imbuh Bupati.

Galeri cagar budaya ini berkonsep sederhana untuk mengangkat kearifan lokal Jombang. Galeri ini diharapkan dapat menjadi wahana mini untuk mengenalkan siswa-siswi sekolah pada cagar budaya, sehingga bisa menjadi wahana edukasi bagi siswa-siswi di Jombang.

Galeri seni dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan sebagai ruang publik bagi siswa-siswi dan masyarakat untuk menikmati karya seni atau melepas penat dari aktivitas sehari-hari, tanpa membedakan kalangan masyarakat. Cagar budaya harus dijaga dan dilestarikan, karena merupakan bukti adanya sejarah di masa lalu.

“Semua OPD saya harapkan bisa bersinergi untuk melestarikan seni budaya khas Jombang. Lestarikan agar tidak sampai punah dan bisa semakin menjadikan Jombang sebagai Kabupaten yang Berkarakter dan Berdaya Saing. Insyaallah kita juga akan bangun gedung kesenian yang representatif,” tandas Bupati.

Kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang ini juga diisi dengan banyak kegiatan kesenian, seperti pameran lukisan yang diikuti 37 pelukis yang tergabung dari Komunitas Pelukis Indonesia (Kopi) yang menampilkan 74 lukisan, dedongengan, pentas seni dan kuliner ndeso. Kolaborasi ini untuk mendukung kegiatan kebudayaan yang ada di Kabupaten Jombang.

Tampak hadir pada acara ini, para pejabat di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Pengurus MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Jombang, Kepala BPCB Jatim di Trowulan Mojokerto, sejumlah pimpinan ban Bank, serta para pelaku seni Jombang. ((Abu/Lta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim