Bupati Jombang Pimpin Upacara Kemerdekaan RI Ke-76 Secara Virtual

Bupati Jombang Pimpin Upacara Kemerdekaan RI Ke-76 Secara Virtual

TerasJatim.com, Jombang – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama anggota Forkopimda lainnya, melaksanakan upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke 76 secara virtual dari Pendopo Pemkab Jombang, Selasa (17/08/21) pagi.

Sementara para peserta upacara yang terdiri dari tokoh agama dan masyarakat, mengikuti upacara dari tempat masing-masing.

“Alhamdulillah puji syukur ke hadirat Allah SWT, sehingga kita dapat bersama-sama menyelenggarakan peringatan HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI. Saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan dengan 5M,” tutur Mundjidah, saat mengawali sambutannya.

Selain itu, Munjidah juga mengajak masyarakat untuk mendukung semua pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Jombang.

“Termasuk warga yang saat ini masih harus menjalani perawatan akibat Covid-19, agar diberikan kesembuhan. Demikian pula, korban yang meninggal dunia, agar Allah SWT memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya,” tuturnya.

“Marilah kita menengok sekitar, adakah kawan, tetangga, dan kerabat kita yang membutuhkan bantuan? Janganlah kiranya kita menutup mata dan telinga ketika melihat saudara kita sedang dalam kesusahan. Kita harus bisa membantu melalui hal-hal sederhana yang dapat memberikan dampak besar bagi kehidupan umat manusia,” ajaknya.

Munjidah menuturkan, pada peringatan kemerdekaan tahun ini, pihaknya melaksanakan acara secara sederhana. Namun hal itu tak menyurutkan semangat dan jiwa nasionalisme.

“76 tahun sudah kita mengenyam kemerdekaan, 76 tahun sudah mengisi dengan bersama-sama membangun Tanah Air yang kita cintai. Banyak kemajuan yang telah kita raih, banyak kenikmatan yang telah kita rasakan. Telah banyak pengorbanan, baik yang berupa harta, benda, darah, bahkan nyawa untuk mencapai kemerdekaan. Sampai dengan mempertahankan dan mengisi alam kemerdekaan dengan membangun bangsa,” sebutnya.

Oleh karena itu, lanjut Munjidah, dia pun mengajak berdoa untuk para Pahlawan kemerdekaan yang telah gugur. “Semoga para Pahlawan diampuni segala dosa dan kekhilafannya, serta perjuangannya diterima sebagai amal yang baik, dan arwahnya di tempatkan di sisi Allah SWT,” harapnya.

Munjidah juga menjelaskan, tema peringatan kemerdekaan ke-76 kali ini adalah “Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”. Hal ini berkaitan dengan berbagai krisis yang menimpa Indonesia, mulai dari krisis 1998 hingga pandemi Covid-19 saat ini.

Namun, lanjut dia, Indonesia harus tetap tumbuh dan bangkit. Dengan ketangguhan dan berbagai upaya yang dilakukan di masa pandemi, maka Indonesia akan terus tumbuh. “Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam melewati jalan penuh tantangan. Agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. Tema ini juga memiliki makna sebagai stabilisasi atau penyeimbang dan pembangunan,” tandasnya.

“Diharapkan dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan ke-76, berbagai program pembangunan yang telah dilakukan, dapat menjadi upaya positif bagi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, maju, dan sejahtera, menuju tercapainya visi bersama mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” pungkasnya. (Abu/Kta/Red/TJ )

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim