Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bupati Blitar Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Masih Stabil

Bupati Blitar Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Masih Stabil

TerasJatim.com, Blitar – Harga kebutuhan pokok dipasar tradisional dan moder di Kabupaten Blitar masih dalam kondisi stabil. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, Jumat (17/05/19).

Bupati mengatakan, setiap hari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Blitar sudah melakukan pantauan disejumlah pasar tradisional dan modern. Berdasarkan hasil laporan TPID, sampai detik ini bahan pokok mayoritas stabil. Hanya saja beberapa waktu lalu harga bawang putih mengalami kenaikan, namun sekarang sudah normal kembali.

“Kita mempunyai tim untuk memantau harga kebutuhan pokok di pasar-pasar. Jadi mereka senantiasa selalu memberikan laporan atas hasil pantauannya. Dan sampai saat ini harga kebutuhan pokok masih normal. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya .

Meski demikian, lanjut Bupati, menjelang lebaran kebutuhan masyarakat akan meningkat, sehingga harga akan berpengaruh. Sehingga sekitar H-10 atau H-7 akan dilihat langsung kondisi dipasar. Jika diperlukan, pihaknya bersama pihak terkait akan langsung turun ke lapangan.

“Jika perlu, nanti kita bersama Polres Blitar akan langsung terjun ke pasar-pasar untuk melihat langsung kondisi yang ada. Jika ada masalah, baik harga maupun stok, kita bisa segera mengatasinya,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga, kata Bupati, pihaknya sudah mengantisipasinya sejak dini, yakni mengadakan operasi pasar murah yang dilakukan mulai 7 – 29 Mei 2019 disetiap kecamatan. “Jadi operasi pasar murah merupakan agenda rutin setiap tahun. Tahun ini, puncaknya akan kita lakukan 29 Mei 2019 di kantor Pemerintah Kabupaten Blitar Kanigoro,” paparnya.

Terakhir, Bupati menghimbau agar masyarakat membeli kebutuhan pokok sewajarnya dan tidak berlebihan. Bagi pengusaha dan pedagang, dilarang menimbun. Jika sampai diketahui menimbun, dipastikan akan ditindak oleh pihak berwajib. (Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim