Bupati Blitar: Generasi Bangsa Harus Mewarisi Nilai Perjuangan Pahlawan

Bupati Blitar: Generasi Bangsa Harus Mewarisi Nilai Perjuangan Pahlawan

TerasJatim.com, Blitar – Rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73 di Kabupaten Blitar sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. Seperti mendengarkan pidato kenegaraan pada Kamis (16/08) kemarin di graha paripurna DPRD Kabupaten Blitar.

Selanjutnya, puncak HUT RI ke-73 dilakukan upacara gabungan antara Pemerintah Kabupaten/ Kota Blitar di alun-alun Kota Blitar. Usai upacara, Pemerintah Kabupaten Blitar langsung bergeser untuk melakukan ziarah ke makam pahlawan.

Usai ziarah, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, beberapa ranglaian HUT RI yang digelar tiap tahun di Kabupaten Blitar diantaranya, mendengarkan pidato kenegaraan, malam tasyakuran, renungan suci, upacara detik-detik proklamasi, kemudian ziarah ke makam para pahlawan.

“Untuk di Blitar, ziarah dibagi 2, Kabupaten Blitar ziarah ke TMP Raden Wijaya yang berada di jalan Soeprijadi. Sementara Kota Blitar ke Makam Bung Karno (MBK). Baru tahun depan dilakukan bergantian. Setelah itu, sore nanti penurunan bendera dan malamnya resepsi,” kata Bupati, Jumat (17/08).

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga tak lupa berpesan kepada generasi bangsa, khususnya warga Kabupaten Blitar dan sekitarnya u tuk mewarisi nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan para pahlawan dalam bentuk kerja keras bersama untuk kepentingan masyarakat.

“Tentunya untuk generasi angkatan saya dan berikutnya, serta anak cucu kita agar mewarisi nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan dalam bentuk kerja keras untuk masyarakat,” tegasnya.

Bupati menambahkan, Indonesia bisa merdeka berkat jasa pahlawan. Sehingga ziarah ke makam para pahlawan ini sangat penting sebagai bentuk penghormatan.

Untuk diketahui, ziarah di makam pahlawan Raden Wijaya diawali dengan prosesi upacara, dimana

bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.(Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim