Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bupati Blitar Berharap Bantuan PSBI Jadi Motivasi Peternak

Bupati Blitar Berharap Bantuan PSBI Jadi Motivasi Peternak

TerasJatim.com, Blitar – Kunjungan Kerja dan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke Klaster Telur Atas RAS di Kabupaten Blitar kepada koperasi putra Blitar di Desa Dadaplangu Kecamatan Ponggok dihadiri langsung oleh Bupati Blitar, Rabu (22/05/15).

Selain Bupati Blitar, Asisten Perekonomian, peternak ayam, pihak Bank Indonesia (BI), juga dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Pangan, serta Dinas Peternakan dan Perikanan. Sementara bantuan yang diberikan dari BI berupa sebuah truk.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, berpesan kepada seluruh peternak ayam petelur yang tergabung dalam koperasi Putra Blitar untuk menjaga dan memelihara bantuan tersebut. Selain itu, Bupati juga berharap, bantuan itu bisa menjadi motivasi bagi peternak untuk terus berkembang.

“Pemberian bantuan ini harus dirawat dengan baik. Jadikan ini aset koperasi. Kalau bisa, kedepan ada penambahan truk-truk lagi dari penghasilan koperasi sendiri,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menuturkan, dengan adanya bantuan ini menunjukkan turun tangan pemerintah melalui Bank Indonesia. Menurutnya, banyak peternak ayam di Kabupaten Blitar ini tergolong kecil. Sehingga terkadang banyak permasalahan yang dihadapi, terutama terkait modal.

“Nah, disini peran Bank Indonesia untuk mendukung peternak ayam kecil sangat penting. Kita tahu, saat harga pakan naik dan telur justru turun, peternak ayam kecil banyak yang gulung tikar. Makanya lewat koperasi dan peran dari BI, diharapkan bisa menjamin kelangsungan usaha mereka,” ujarnya.

Bupati menambahkan, Kabupaten Blitar merupakan salah satu pemasok telur terbesar di Indonesia, dimana perhari mampu memprodukai 450 ton telur. Sehingga pihaknya bersama BI memastikan akan terus memberikan pendampingan kepada peternak ayam petelur.

“Alhamdulillah berkat dukungan kita semua, sudah bekerjasama dengam beberapa daerah untuk memasok telur, sepertinke DKI Jakarta dan Tasikmalaya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Difi A Johansyah mengatakan, sejak tahun 2018 sudah mulai bekerjasama dengan peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar. Karena merupakan salah satu produksi telur terbesar secara nasional yang sangat berpengaruh terhadap inflasi.

Kemudian, lanjut Difi, setelah melihat perkembangannya pihaknya menyambungkan dengan produsen jagung. Dimana jagung sangat penting bagi peternak ayam sebagai bahan pakan ayam.

“Nah, saat ini kita ingin melancarkan kegiatan distribusi, makanya kita berikan bantuan truk ini. Meski ini bukan truk baru, tapi kita pastikan masih layak dipakai. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” harapnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua Koperasi Putra Blitar, Sukarman mengatakan, BI sudah memberikan dukungan dan bantuan untuk peternak ayam di Blitar. Sejumlah batuan yang sudah diberikan diantaranya alat kantor, biaya pengiriman telur ke DKI Jakarta, serta pendampingan peningkatan kelembagaan.

“Semoga dengan pemberian bantuan truk ini bisa memperlancar diatribusi telur dari Kabupatem Blitar,” tutupnya. (Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim