Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bonus Menanti, Pacitan Incar 15 Medali Pada Porprov VI 2019

Bonus Menanti, Pacitan Incar 15 Medali Pada Porprov VI 2019

TerasJatim.com, Pacitan – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pacitan mentargetkan 15 medali pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke-VI 2019, dengan mengikuti 13 cabang olahraga (cabor).

13 cabor tersebut diantaranya angkat besi, bola voli, catur, bridge, biliar, bulutangkis, sepak takraw, tenis meja, panahan, drum band, gulat, menembak, dan paralayang.

Adapun jumlah kontingen yang akan diberangkatkan sebanyak 127 orang, dengan rincian 85 orang atlet, 30 official, dan 12 orang anggota kontingen.

Ketua Koni Pacitan Sugiharyanto mengatakan, dari 13 cabang olahraga (cabor) yang diikuti, ada 7 cabor yang menjadi unggulan. Diantaranya, catur, angkat besi, Brigdge, gulat, tenis meja, bola voli dan sepak takraw.

“Kalau untuk cabor yang baru seperti drumb band, Perbakin atau menembak, panahan itu juga ada peluang untuk mendapat medali,” ujarnya, saat ditemui TerasJatim.com seusai pembekalan dan pelepasan kontingen Porprov di pendapa kabupaten, Rabu (03/07/19).

Menurutnya, kendala tidak mengikutsertakan keseluruhan cabor pada Porprov VI 2019, selain minimnya anggaran yang ada di KONI, juga dikarenakan ada beberapa cabang olahraga yang sulit mendapatkan atlet.

“Dalam kurun waktu 5 tahun ini sebenarnya Pacitan sudah ada semangat. Tapi beberapa cabor itu sulit mendapatkan atlet, seperti Perbasi dan Pertina. Kalau dari pelatih dan pengurus saya lihat semangatnya luar biasa,” terangnya.

Meski demikian, pada Porprov 2019 ini ia mentargetkan sebanyak 15 medali. Bahkan, Koni Pacitan juga telah menyiapkan bonus berupa uang pembinaan untuk atlet peraih medali emas sebesar Rp10 juta. Termasuk bagi peraih medali perak, perunggu dan pelatih, namun jumlah berbeda atau di bawahnya.

“Untuk porprov ini targetnya 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu serta masuk 20 besar dari 38 kabupaten/kota di Jatim. Kalau Porprov 2015 lalu dapat 3 emas, 5 perak dan 8 perunggu, jadi targetnya ini lebih baik. Insyaallah dan kami mohon doa dan dukungan masyarakat di Pacitan,” imbuhnya.

Meski tidak disebutkan jumlah besarannya terkait bonus bagi atlet yang meraih prestasi, Bupati Pacitan Indartato berjanji akan memberikan tambahan. “Harapan kita (Pemkab) dan Ketua DPRD bisa memberikan tambahan walaupun mungkin nanti tambahannya agak telat sedikit, karena ada mekanisme dalam mengeluarkan anggaran,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya berharap ada pihak ke-3 yang artinya bahwa kemajuan olahraga bukan hanya di tangan pemerintah dan masyarakat saja, akan tetapi termasuk pengusaha.

“Harapan kita pinginnya dananya besar, tapi kemampuan kita terbatas. Oleh karena itulah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Yang penting berangkat dari gelem karo temen, semangat (mau sama serius, semangat) saya kira nanti ke depan akan lebih baik, yang penting semangatnya dulu,” imbuh Indartato. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim