Bojonegoro Terus Giat Dalam Pembuatan Embung Baru

Bojonegoro Terus Giat Dalam Pembuatan Embung Baru

TerasJatim.com, Bojonegoro – Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro dalam rangka mendorong swasembada pangan nasional, sedang menggalakan pembangunan embung atau penanpungan air baru di wilayahnya.

Kebijakan Permkab Bojonegoro ini, melalui Dinas Pengairan Kabupaten setempat pada tahun 2015 akan merealisasikan pembangunan embung sebanyak 55 titik. Dan nyatanya dalam perjalanannya hingga  saat ini sudah terbangun embung baru sebanyak 77 titik embung yang tersebar di wilayah kabupaten Bojonegoro, bahkan hasilnya  melebihi dari  target sebelumnya. Sedang anggarannya diambilkan dari APBD dan PAK Kabupaten Bojonegoro tahun 2015.

Saat ini Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro, juga masih melaksanakan pekerjaan 6 titik embung lagi. Program ini merupakan  usulan pemerintah desa, yakni Desa Sdokmuti kecamatan Kepohbaru, Desa Tlogoagung Kecamatan Baurno, Desa Babad Kecamatan Kedungadem, Desa Katur Kecamatan Gayam, Desa Ngumpak Dalem Kecamatan Dander, Desa Tanjung Harjo Kecamatan Kapas dan Desa Ngeper Kecamatan Padangan.

“Hal ini menjadi bukti nyata, bahwa program pembuatan embung atau penampungan air ini, mendapat respon dari masyarakat  desa yang ada di wilayah kabupaten Bojonegoro.” Ungkap Kepala Dinas Pengairan ‘Kabupaten Bojonegoro Edi susanto di kantornya. Senin (09/11).

Program pembuatan embung ini menurut  Edi Susanto, untuk menampung. air hujan supaya ketersediaan air bagi masyarakat di musin kemarau bisa tercukupi dengan memanfaatkan air yang ada di embung.

Edi Susanto juga menambahkan, bahwa manfaat yang dapat dirasakan masyarakat dengan adanya pembangunan embung ini sangat banyak, sebab  air merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus senantiasa tercukupi. (Eko/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim