Bhakti Sosial Kepedulian Terhadap Warga Terdampak Sumur Ambles di Kediri

Bhakti Sosial Kepedulian Terhadap Warga Terdampak Sumur Ambles di Kediri

TerasJatim.com, Kediri – Lions Club, salah satu organisasi non provit yang berkembang di Indonesia mengadakan bhaksti sosial di GKJW Pepanthan di Desa Manggis Kecamatan PuncuI Kabupaten Kediri Jatim, Senin (21/08).

Dalam kegiatan sosial tersebut hadir Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto didampingi Danramil Puncu, Kapten Inf M.Walifatma dan Kapolsek Puncu, serta pihak Lions Club Kediri Kilisuci dan Lions Club Shinning Surabaya.

Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto menuturkan, pihaknya cukup berhati-hati dalam mengerjakan pembuatan sumur alternatif beberapa waktu lalu, lantaran kondisi tanah yang rata-rata cukup keras pada kedalaman 17 meter ke bawah.

“Karakteristik tanah disini keras dan padat di dalam. Jika tidak bekerjasama dengan warga sekitar, kita tidak tahu mana tanah yang bisa di bor atau tidak,” ungkapnya.

Berdasarkan catatan, terdapat 137 sumur warga ambles pada rentang waktu 3 bulan lalu. Pihak Kodim 0809/Kediri telah mengupayakan pembuatan sumur alternatif bersama warga setempat.

“Sudah 10 sumur alternatif berhasil mengurangi beban warga yang kekurangan air untuk kebutuhan sehari-hari, dan dari hitung-hitungan sebelumnya, diperkirakan sumur alternatif tersebut mampu memenuhi kebutuhan 54 KK tiap harinya,” imbuhnya.

Mayor Inf Joni Morwantoto juga menjelaskan, dari kacamata science, fenomena alam sumur ambles yang ada di Desa Manggis Kecamatan Puncu, 100 persen merupakan fenomena alam dan bisa dijabarkan secara ilmu pengetahuan, terutama geologi.

“Tidak ada yang aneh pada kasus fenomena sumur ambles ini. Jadi jangan dikaitkan dengan hal-hal yang berbau klenik,” tandasnya.

Dalam bhakti sosial kali ini dilakukan pengobatan gratis yang berlangsung di dalam gereja, dan diikuti oleh ratusan warga sekitar.

Dari catatan yang ada, terdapat 117 warga yang turut mendaftarkan diri dalam pengobatan gratis ini, dan mayoritas mereka berusia di atas 50 tahun.

Selain itu, Lions Club Shining Surabaya dan Kediri Kilisuci juga menyerahkan bantuan berupa air mineral dalam kemasan dan mesin pompa air. Lions Club juga melakukan pengeboran hingga air bisa keluar dari permukaan tanah.

Diperkirakan dalam 4 hingga 5 hari ke depan sumur bor alternatif tersebut sudah bisa dimanfaatkan warga sekitar. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim