Berkah Sawah Arealan

Berkah Sawah Arealan

TerasJatim.com, Bojonegoro – Bila petani sukses, semua ikut merasakan dampak positifnya. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan situasi pekan ini. Setidaknya hal itu terlihat di daerah Kecamatan Baureno, Bojonegoro, menyusul dimulainya panen padi milik petani kawasan bantaran Bengawan Solo, dengan pengairan irigasi teknis atau warga biasa menyebutnya pengairan Areal yang memanfaatkan air dari sungai terpanjang di pulau jawa itu.

Musim panen padi pengairan areal kali ini memang sukses besar, tak ada hama, tak ada kendala, mulus lus, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang sering diserang wereng, tikus, bahkan beberapa kali dilanda puso alias gagal panen. Bisa dikatakan, kali ini adalah berkah buat semuanya. Ya petani, ya pengusaha areal, penebas, pengarit padi, pengedos, pengangkut, bahkan sampai para pengais rontokan padi atau yang biasa disebut pengasak.

Tak hanya itu saja, lantaran hasil  panen yang bagus dan berjalan normal, ditambah harga padi yang tinggi mereka yang bermata pencaharian di bidang lainnya seperti para pedagang kecil juga ikut kecipratan berkahnya. Pedagang mainan anak, peracangan, penjual batu akik di trotoar, hingga pedagang kuliner, tak luput dari serbuan petani areal untuk membelanjakan hasil panennya. Dan ini juga merupakan berkah dari hasil panen para petani.

Efek positif sukses petani areal juga melanda salah satu pedagang kuliner kaki lima spesialis bebek goreng wungkul, yang mangkal di depan pasar baru Baureno. Ia mengaku beberapa hari belakangan ini dagangannya laris manis, tak tersisa. “Biasanya, saya berjualan selalu sampai larut malam, tetapi beberapa hari ini rata-rata jam 10.00 WIB sudah kukut karena telah habis diborong. “Wong pinggir nggawan mulai panen iki, mulane bakulan podo rame kabeh,” ujar Bonjol, panggilan akrab pemilik warung bebek, Jumat (18/09) malam kepada TerasJatim.com.

Bonjol menambahkan, selain karena musim panen padi di wilayah bengawan solo, petani tembakau dari daerah Kecamatan Kepohbaru, juga tengah mereguk hasil yang cukup menggembirakan.  Maklum saja, saat ini harga tembakau juga lumayan tinggi, apalagi sejumlah pabrikan rokok telah mulai melakukan pembelian.

Pokok’e, angger petani sukses terus, kabeh yo melu ayem“, timpal Joko, tukang pangkas rambut berbadan tambun yang sedari kebetulan sedang bersama terasjatim di sebuah warung sambil menikmati bebek goreng pesanannya dengan lahap. (saiq/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim