Banyuwangi, Meningkatkan Pelayanan Dengan Lomba Posyandu

Banyuwangi, Meningkatkan Pelayanan Dengan Lomba Posyandu

TerasJatim.com, Banyuwangi – Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan di bidang  kesehatan balita di Kabupaten Banyuwangi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Banyuwangi, menyelenggarakan kegiatan positif berupa lomba posyandu tingkat kecamatan.

Peran serta posyandu memang sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat Banyuwangi. Sebab selama ini posyandu bisa dijadikan sebagai pusat informasi dan ajang bertukar pikiran. Selain itu, posyandu juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan serta kualitas sumber daya manusia.

Sebab selama ini posyandu masih dianggap sangat potensial dan telah terbukti dalam mendeteksi dan mencegah penyakit bagi balita.

Dalam lomba posyandu ini, juga diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara dekat dan langsung.

Kepala BPM-PD Kabupaten Banyuwangi, melalui Kabid PPM Sosbud, Tri Wahyu Angembani mengatakan, bahwa kegiatan lomba posyandu tingkat kecamatan ini, bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pelaku penyelenggara posyando tingkat desa/kelurahan, dalam meningkatkan strata posyadu.

Pemenang lomba posyandu tingkat kecamatan, ke depannya akan diikutkan dalam lomba posyandu tingkat kabupaten, yang rencananya akan digelar nanti pada Hari Kesatuan Gerak Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK- KKBPK).

Dalam lomba posyandu kali ini, pemenang harus memenuhi tiga kriteria, diantaranya : dalam pelaksanaan terbaik dalam penyelenggaraan posyandu, partisipasi terbaik kepala desa, partisipasi terbaik ketua PP-PKK dalam penyelenggaraan posyandu.

Lomba posyandu tingkat kecamatan ini merebutkan uang pembinaan sebesar Rp 15 000 000,-. Alokasi dana dari anggaran PAK APBD 2015 SKPD Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi.

“Harapannya, dalam acara lomba posyandu ini bertujuan agar  tiap-tiap kecamatan mempunyai posyandu percontohan.” Pungkas Tri Wahyu Angembani. (Advertorial-Yak/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim