Aplikasi ACS Milik Dishub Ponorogo Raih Penghargaan Top 25 Kovablik

Aplikasi ACS Milik Dishub Ponorogo Raih Penghargaan Top 25 Kovablik

TerasJatim.com, Ponorogo – ACS atau Angkutan Cerdas Sekolah merupakan terobosan baru dari Pemkab Ponorogo dalam hal transportasi siswa untuk mengurangi angka kecelakaan pelajar dan kemacetan lalu lintas.

Saat dilaunching pada tanggal 20 April 2016 lalu, ACS mengalami beberapa kendala. Antara lain SDM yang kurang untuk pengawasan program ini terutama pada hari Sabtu, dimana para PNS libur, sedangkan di sekolah tetap masuk. Oleh karena itu pihak Dinas Perhubungan harus menyiapkan 4 orang stafnya untuk mengawasi ACS ini.

Berangkat dari masalah inilah maka timbul gagasan untuk membuat sistem pengawasan berbasis teknologi yaitu aplikasi android.

“Tadinya aplikasi ini muncul karena adanya masalah dalam mengawasi armada ACS yang beroperasi. PNS yang lima hari kerja akan kesulitan kalau harus bekerja di hari Sabtu, di mana para pelajar tidak libur,” ungkap Kepala Dishub Ponorogo, Djunaedi.

Menurutnya, semua itu harus diawasi karena ACS ini gratis dan dibiayai uang negara, yakni APBD. Karena repot dengan model absensi untuk sekitar 41 pengemudi dan mengawasi, lalu hadirlah gagasan tentang monitoring secara online.

Yang terpikir oleh Djunaedi dan para staf adalah sebuah aplikasi yang bisa diunduh secara mudah di situs penyedia aplikasi. Tentunya yang berbasis android karena sebagian besar pengguna ponsel saat ini operating systemnya adalah android.

“Lalu kita cari ke sana ke mari ada yang menawarkan. Harganya Rp6 juta ya kita beli, karena murah. Saya nggak mau kalau nggak murah. Ini uang negara loh. Lalu tambah ini, itu dan sebagainya, masih murah, sekitar Rp15 juta, kita beli. Lalu perlu ponsel untuk para pengemudi, kita beli meskipun ini yang agak mahal. Total hanya sekitar Rp60 juta,” ungkap Djunaedi.

Karena murah inilah, Djunaedi tidak menyangka aplikasi ACS yang terdiri dari ACS Siswa untuk pengguna jasa ACS, ACS Driver untuk pengemudi armada ACS, dan ACS Center untuk petugas yang memonitor bisa dapat penghargaan kategori Tata Kelola Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Efektif, Efisien dan Berkinerja Tinggi.

Penghargaan ini diterima oleh Bupati Ponorog Ipong Muchlissoni di Surabaya, pada Senin (22/10) lalu.

“Lha wong kita ini cuma mau melayani biar tidak repot dan kita ini buat yang sesederhana mungkin, bukan untuk ikut kompetisi,” ujarnya.

Djunaedi menambahkan, pada 2018 ini, anggaran dari Pemkab Ponorogo untuk ACS besar Rp1,3 miliar. Dana ini untuk menyewa 41 armada selama satu tahun. Mereka wajib mengangkut para pelajar untuk berangkat dan pulang sekolah secara gratis di sejumlah rute di Ponorogo

Diketahui, ACS sendiri dimulai sekitar tahun 2016. ACS yang gratis karena dibiayai Pemkab Ponorogo dalam APBD-nya ini dihadirkan untuk menekan angka kecelakaan pelajar. Banyaknya kasus kecelakaan dengan pelaku dan korban pelajar terjadi karena anak-anak yang belum cukup umur dan belum layak punya SIM telah mengendarai kendaraan bermotor untuk bersekolah.

“Kalau dilarang, ditilang, bisa jadi mereka tidak berangkat sekolah karena tidak ada yang mengantar. Tapi kalau dibiarkan, ya bahaya, emosinya di jalan belum stabil. Karena itu ada ACS dan banyak yang beralih ke armada kita,” ungkap Djunaedi.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni mengatakan, pihaknya akan menambah anggaran ACS di tahun depan sekitar 2 miyar.  Saat ini ACS telah melibatkan 41 armada dengan dana sebesar Rp1,3 miliar. “Tahun depan (2019) akan kita tambah agar bisa sampai sekitar 60 unit ACS yang melayani para pelajar itu. Ya mungkin akan sampa Rp2 miliar selama satu tahun,” ungkapnya.

Menurut Ipong, jika sekarang sekitar 600 sampai 650 pelajar yang bisa terangkut. Diharapkan nantinya bisa sampai seribuan pelajar yang terangkut. “Kita berharap DPRD akan menyetujui,” harapnya.

Peningkatan anggaran ini, lanjut Ipong, bukan sekadar soal jumlah unit. Namun dari sisi pelayanan juga akan diupayakan untuk meningkat. Hal ini meliputi banyak hal termasuk kenyamanan kendaraannya. (Any/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim