Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Antisipasi Massa Aksi 22 Mei, Aparat Gabungan Gelar Pemeriksaan di Terminal Bus Pacitan

Antisipasi Massa Aksi 22 Mei, Aparat Gabungan Gelar Pemeriksaan di Terminal Bus Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan – Guna mengantisipasi aksi people power pada 22 Mei 2019 di Jakarta, Kepolisian Resort (Polres) Pacitan bersama aparat gabungan melakukan pemeriksaan kepada sejumlah warga yang akan ke luar kota melalui Terminal Bus Kabupaten Pacitan, Selasa (21/05/2019).

Selama satu jam lebih yang dimulai pukul 08.40 WIB ini, terlihat secara selektif sejumlah petugas gabungan memeriksa satu persatu identitas para penumpang maupun juga barang bawaan. Kemudian petugas melakukan pemeriksaan terhadap bus dan juga melakukan tes kesehatan sopir.

Meski dalam pemeriksaan belum menemukan pergerakan masa yang mencurigakan, maupun barang bawaan yang berbahaya, namun pemeriksaan tersebut akan terus dilakukan.

Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi, mengatakan, pemeriksaan tersebut selain untuk mencegah warga masyarakat Pacitan yang akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi 22 Mei, juga bertujuan untuk mencegah gangguan kriminalitas yang pada akhirnya para penumpang menjadi korban.

“Karena ini juga masih dalam operasi pekat, termasuk kita juga menjaga para penumpang dari aksi-aksi kriminal yang biasa terjadi di bus, angkutan umum seperti copet, hipnotis, pemberian obat atau minuman yang bisa membuat penumpang tidak sadarkan diri dan tindakan kriminal lainnya,” ujarnya kepada TerasJatim.com, di sela-sela pemeriksaan.

Sugandi menambahkan, sasaran lainnya adalah pengemudi angkutan umum terutama bus. Bagi pengemudi bus dilakukan cek kesehatan, mulai dari tensi hingga cek urine dengan tujuan untuk keselamatan penumpang dan jangan sampai sopir mengemudi dalam kondisi sakit, mengkonsumsi minuman keras ataupun narkotika.

“Secara umum, para penumpang atau warga Pacitan dari beberapa bus yang sudah berangkat tidak ada indikasi dengan tujuan mengikuti aksi unjuk rasa. Kemudian dari pengemudi bus juga tidak ada sopir dalam kondisi sakit, tensi mereka rata-rata normal dan hasil cek urine dari sembilan pengemudi hasilnya negatif. Semua masih dalam batas normal,” papar Sugandi.

Di tempat yang sama, Wasi Prayitno, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan menambahkan, selain sopir dan para penumpang dilakukan pemeriksaan, juga petugas melakukan pemeriksaan kendaraan laik jalan, seperti uji emisi gas buang dan sebagainya.

“Hasilnya masih di batas toleransi. Jadi semua masih berjalan dengan baik termasuk pengemudinya yang tadi sudah dicek, harapannya penumpang selamat sampai tujuan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan gabungan tersebut diikuti sekitar 30 orang, baik dari Dishub Pacitan, Polres Pacitan, Denpom Pacitan dan Dinkes Pacitan. Selain di terminal, titik pemeriksaan lainnya dilaksanakan di perbatasan antara Jatim dan Jateng yang dilakukan pada malam hari sejak Sabtu, akhir pekan lalu. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim