Amankan aset Negara, Kodam Brawijaya Gandeng BPN

Amankan aset Negara, Kodam Brawijaya Gandeng BPN

TerasJatim.com, Surabaya – Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Jatim sepakat untuk segera melakukan sertifikasi ribuan lahan tanah milik Kodam V/Brawijaya yang hingga saat ini belum memiliki sertifikat.

Kesepakatan itu ditandai dengan Memorandum of Understanding atau MoU antara kedua pucuk pimpinan, khususnya Pangdam Brawijaya dan Kakanwil BPN Jatim terkait percepatan sertifikasi aset tanah milik TNI-AD, pada Jumat (21/05/21).

Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi menjelaskan, kesepakatan antara Kodam dengan BPN Jatim kali ini merupakan kelanjutan kerjasama antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertahanan Nasional, dengan TNI-AD pada 31 Maret 2017 silam, yang membahas penanganan permasalahan tanah aset Kementerian Pertahanan.

“MoU ini sangat penting sebagai upaya memberikan percepatan pelayanan penyertifikatan, serta penanganan dan penyelesaian masalah aset tanah TNI-AD, khususnya di wilayah Kodam Brawijaya,” jelas Imam.

Imam mengungkapkan, tercatat sekitar 1.000 hektar lebih aset tanah milik Kodam Brawijaya yang saat ini belum memiliki sertifikat. Jumlah tersebut, dari total sebanyak 4 ribu hektar lebih aset tanah milik pihak Kodam.

“Percepatan penyelesaian sertifikasi ini untuk mengantisipasi timbulnya suatu permasalahan yang terjadi,” kata dia. (Im/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim