Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Aksi Penangkapan Benur di Pacitan Akan Segera Ditangani

Aksi Penangkapan Benur di Pacitan Akan Segera Ditangani

TerasJatim.com, Pacitan – Meski ada larangan penangkapan benur atau benih lobster, hingga kini sebagian nelayan di Pacitan masih nekat melakukan aktivitas tersebut.

Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim wilayah Pacitan, Ninik Setyorini, membenarkan, masih adanya nelayan di Pacitan yang melakukan aktivitas itu. Namun, saat ini belum ada penanganan terkait persoalan tersebut.

“Kita sudah koordinasi dengan bapak Kapolres, untuk saat ini memang belum melakukan tindakan karena situasi masih dalam rangka Pemilu. Nunggu semua selesai dulu, setelah itu baru kita duduk bersama dengan instansi terkait membicarakan lagi untuk tindakannya,” ujarnya, saat ditemui TerasJatim.com, Selasa (23/04/19).

Beberapa waktu lalu, lanjut Ninik, Satgas 115 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) datang ke Pacitan selama sekitar 4 hari, dan terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan pemantauan serta melihat situasi yang sebenarnya di lapangan.

“Hari terakhir, itu Satgas 115 ke sini (UPT DKP Pacitan), minta informasi sejauh mana apa yang sudah kita lakukan, dan kemungkinan itu nanti akan menjadi bahan untuk menyelesaikan persoalan benur. Katanya hal ini bukan hanya di Pacitan saja, tapi di seluruh daerah harus diselesaikan, biar tidak ada gejolak,” terang Istri Wabup Pacitan.

Ninik menambahkan, saat mengikuti rapat di Malang, ia pun sudah menyampaikan persoalan tersebut ke Badan Keamanan Laut (Bakamla). Meski demikian, pihaknya mengaku sudah berupaya untuk menekan kegiatan para nelayan penangkap benur melalui kegiatan lainnya.

“Sudah saya sampaikan ke Bakamla saat rapat di Malang beberapa waktu lalu dan itu akan ditindaklanjuti dengan Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan yang membuat aturan itu,” tambahnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim